Berita > Seputar TKI
73 dari 103 TKI yang Ditahan di Melaka Dipulangkan ke Tanah Air Sabtu
30 Mar 2018 21:17:04 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 857
Ket: ilustrasi
Foto: google
Kota Melaka, LiputanBMI - Sebanyak 73 dari 103 TKI yang ditahan di depo imigresen (rumah detensi imigrasi) Machap Umboo, Melaka, Malaysia sejak lebih dari dua bulan lalu dipulangkan ke Tanah Air, Sabtu (31/3/2018).

Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) KJRI Johor Bahru, Anang Fauzi mengatakan, 73 TKI yang dipulangkan tersebut adalah TKI yang diberangkatkan oleh PT Dian Yogya Perdana.

“Info yang kami dapat dari KBRI Kuala Lumpur dan Imigresen Melaka, tanggal 31 Maret akan dipulangkan 73 orang dari PT Dian Yogya. Tapi kami belum dapat list nama-namanya,” kata Anang ketika dikonfirmasi LiputanBMI. Jumat (30/3).

Sementara Direktur Umum PT Dian Yogya Perdana, H Darsum ketika dihubungi LiputanBMI via telepon, Jumat (30/3) membenarkan bahwa 73 TKI yang diberangkatkan pihaknya akan dipulangkan ke Indonesia tanggal 31 Maret besok.

“Insya Allah betul (akan dipulangkan Sabtu, Red). Semoga tidak keliru,” kata H Darsum.

Seperti diberitakan sebelumnya, 103 TKI pekerja kilang (pabrik) Dominant Semiconductor di Melaka ditangkap dan ditahan di rumah detensi imigrasi sejak 15 Januari 2018 lalu.

Berdasarkan keterangan KBRI Kuala Lumpur yang melakukan kunjungan ke Melaka dan menemui TKI yang ditahan pada 8 Februari lalu, mereka dianggap melanggar aturan keimigrasian Malaysia karena dipekerjakan tidak sesuai dengan permit kerjanya.



(FK/FK, 30/03)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki