Berita > Seputar TKI
Kartini alias Madiyah 18 Tahun Hilang Kontak di Malaysia
30 Mar 2018 12:03:28 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 2093
Ket: Kartini alias Madiyah
Foto: dok.keluarga/Solikin
Johor Bahru, LiputanBMI - Seorang WNI warga Grobogan, Jawa Tengah bernama Kartini binti Kusen yang di Malaysia berganti nama menjadi Madiyah binti Ber’en dilaporkan hilang kontak dengan keluarganya sejak tahun 1999.

Berdasarkan surat terakhir yang diterima keluarga pada tahun 1999, Kartini alias Madiyah tinggal di No 26 Jln. Harmoni 5/3, Taman Desa Harmoni 81100, Johor Bahru.

“Kala itu belum musim pakai HP. Kami hanya berkomunikasi lewat surat. Sudah 26 tahun kami berpisah. Sejak saya lulus SD hingga anak saya sudah kuliah. Kami sangat berharap bisa bertemu ibu lagi,” kata Solikin, anak laki-laki Kartini dalam keterangan tertulis kepada LiputanBMI, Jumat (29/3).

Lebih lanjut Solikin menceritakan, Kartini berangkat ke Malaysia pada tahun 1991. Selama lebih dari 26 tahun, Kartini belum pernah pulang ke kampung halamannya sama sekali.

“Dari tahun 1991 hingga 1999 komunikasi kami lancar meski hanya melalui surat. Tapi pada tahun 2000 saya kirim surat gak pernah ada balasan hingga sekarang,” ungkap Solikin.

Informasi lain yang diketahui keluarga, kata Solikin, Kartini telah menikah dengan orang Jawa Timur yang bekerja di Johor Bahru dan mempunyai anak bernama Haslinda.

Kartini alias Madiyah bersama Haslinda, anaknya yang di Malaysia
Ket. foto: Kartini alias Madiyah bersama Haslinda, anaknya yang di Malaysia
Sumber foto: dok.keluarga/Solikin



Menurut Solikin, Kartini sudah mempunyai KTP Malaysia (pemegang IC merah/permanent resident, Red) atas nama Madiyah binti Ber’en.

Saat ini, keluarga sangat berharap agar Kartini alias Madiyah pulang ke Indonesia untuk menemui anak-anaknya.

Untuk itu, Solikin meminta bantuan kepada siapa pun yang pernah mengenal atau mengetahui keberadaan Kartini alias Madiyah di Malaysia agar menghubungi nomor telepon/WA +6285 25546 9466.

“Sekali lagi, kami sangat berharap bisa bertemu ibu lagi. Kami sekeluarga sangat merindukan ibu,” harap Solikin.
(FK/FK, 30/03)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki