Berita > Seputar TKI
103 TKI yang Ditahan di Melaka akan Segera Dipulangkan
27 Mar 2018 20:07:18 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 3481
Ket: TKI yang ditangkap imigrasi Melaka
Foto: FP JIM Melaka
Kota Melaka, LiputanBMI - Nasib 103 TKI yang ditahan di Melaka sejak lebih dari dua bulan lalu karena dituduh melanggar aturan keimigrasian Malaysia sudah mulai menemukan titik terang.

Menurut keterangan Direktur Umum PT Dian Yogya Perdana, H Darsum, mulai Rabu (28/3) besok mereka sudah dibenarkan untuk mengurus tiket kepulangan ke Indonesia.

PT Dian Yogya Perdana adalah PJTKI yang memberangkatkan 73 dari 103 TKI pekerja kilang Dominant Semiconductor yang ditahan Imigrasi Melaka di depo imigresen (rumah detensi imigrasi) Machap Umboo sejak 15 Januari 2018 lalu.

“Yang dari PT Dian 73 orang, lainnya nggak tahu. Tanggal 28 besok sudah mulai dibenarkan beli tiket pulang ke Indonesia,” kata H Darsum ketika dihubungi LiputanBMI via telepon, Senin (26/3) malam.

Lebih lanjut H Darsum menjelaskan, pada Rabu (28/3) besok sebanyak 40 TKI akan dimintai keterangan di Mahkamah sebagai saksi utama. Menurutnya, proses pemulangan diperkirakan paling cepat tanggal 30 Maret.

Baca: Ini Penyebab Imigrasi Malaysia Tahan 105 Pekerja Indonesia di Melaka

Terkait nasib buruk yang dialami para TKI hingga harus mendekam di rumah tahanan selama lebih dua bulan H Darsum menegaskan bahwa dalam hal ini yang harus bertanggung jawab adalah majikan mereka.

“Yang harus bertanggung jawab majikan (pembekal). Pekerja ditahan sebagai saksi dan kami sudah tanya ke imigrasi, ke ketua penyiasat (penyidik) bahwa PT yang memberangkatkan, TKI, dan KBRI tidak salah,” tegasnya.

Sementara Ketua Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur, Yusron B Ambary ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Selasa (27/3) membenarkan bahwa 103 TKI (sebelumnya diberitakan 105) tersebut akan segera dipulangkan.

“Sudah ada pembicaraan mereka akan segera dipulangkan setelah proses disposisi di Mahkamah selasai,” katanya

(FK/FK, 27/03)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki