Berita > Ekosospol
Temui Konjen RI Jeddah, Pimpinan Baeshen Group Nyatakan Siap Tingkatkan Kerja Sama Ekspor RI-Saudi
23 Mar 2018 04:55:44 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 458
Ket: Konjen Hery (kiri) danAbdul Qader Baeshen (kanan)
Foto: KJRI Jeddah
Jeddah, LiputanBMI - Pimpinan perusahaan Baeshen Group, Abdul Qader Baeshen  dan tim melakukan pertemuan dengan Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin pada Selasa, 20 Maret 2018 di ruang kerjanya.
 
Kehadiran bos perusahaan besar Baeshen Bersaudara ini adalah untuk menjajaki peluang kerja sama bisnis antara lain tawaran perusahaan itu untuk menyelenggarakan pameran tunggal khusus produk-produk Indonesia, pendirian mall of Indonesian products di Jeddah yang kemungkinan diperluas ke daerah lain di Arab Saudi, pendirian pabrik arang batok kelapa di Indonesia dengan skema investasi dan kesediaan Baeshen Group untuk menjadi mitra resmi Maskapai Garuda di Arab Saudi.
 
Konjen RI yang didampingi Pelaksana Fungsi Ekonomi-2 dan Staf Teknis Perhubungan KJRI Jeddah menyambut baik tawaran tersebut namun menyarankan agar Baeshen Group  segera menyampaikan profil perusahan untuk dipelajari oleh tim ekonomi dan perdagangan KJRI Jeddah.
 
Berkaitan dengan penyelenggaraan pameran di Arab Saudi, Konjen menyampaikan dua masalah utama yang selalu dihadapi delegasi peserta pameran dari Indonesia di Arab Saudi, yaitu masalah pengurusan visa kunjungan bisnis dan pengiriman sampel barang dari Indonesia.
 
"Dua kendala ini selalu dialami oleh para peserta dari perusahaan kami yang  akan mengikuti pameran di Arab Saudi. Pameran sudah berjalan, tapi visa belum keluar. Kadang peserta sudah di lokasi pameran, barang masih tertahan," ungkap Konjen kepada tim Baeshen dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/3).
 
Menanggapi permasalah tersebut, Baeshen Group menyanggupi pengurusan visa dan barang bagi para peserta sehingga segala sesuatunya sudah siap sebelum pameran dimulai.
 
Konjen akan mengirim tim ekonomi dan perdagangan ke kantor Baeshen Group untuk melihat dari dekat perusahaan Baeshen dan akan menindaklanjutinya dengan pertemuan-pertemuan berikutnya untuk mematangkan rencana kerja sama tersebut. Setelah itu, KJRI Jeddah akan mengagendakan kunjungan bersama ke sejumlah daerah penghasil arang batok kelapa.
 
Selain menyampaikan niatnya untuk kerjasama ekspor Indonesia ke Saudi, Baeshen Group juga menyampaikan ketertarikannya utk bekerjasama dalam bidang pariwisata, termasuk bersedia kerjasama dengan Garuda dan agen perjalanan wisata Indonesia.
(IYD/IYD, 23/03)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki