Berita > Seputar TKI
Dikawal PPI Surabaya, PT ALP Berikan Santunan Keluarga Korban RP 150 Juta Sesuai PP Kepelautan
27 Feb 2018 21:33:50 WIB | Syafii | dibaca 1829
Ket: Pendampingan PPI Surabaya terhadap keluarga korban kapal Kayong Utara
Foto: LBMIJKT
Nasional, LiputanBMI - Dewan Pimpinan Wilayah Pergerakan Pelaut Indonesia Surabaya, Jawa Timur berhasil mengadvokasi kasus tenggelamnya kapal Kayong Utara saat hendak berlabuh di Pelabuhan Tanjung Api-Api, Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (20/02/18) pagi, sekitar pukul 05.00 waktu setempat.



Advokasi itu dilakukan oleh DPW PPI Surabaya atas meninggalnya Alm. Ridho Hanafi (23), salah satu pelaut selaku crew yang bekerja pada kapal milik PT ALP.


"RH merupakan pelaut asal Lamongan, Jatim, kebetulan dia anggota PPI. Saya merasa prihatin atas musibah itu," ujar Ketua PPI Surabaya, Fery Yunianto kepada Liputan BMI, Selasa (27/02/18) melalui selulernya.


Pasca kejadian itu, lanjut Fery, PPI Surabaya terus aktif memonitor jalannya proses pengiriman jenazah dari TKP ke kediaman keluarga korban di Jatim.



"Awalnya pihak perusahaan hanya akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta saja, lalu kami mediasikan, tawaran sempat naik menjadi Rp 95 juta, tetap kami tolak dan minta sesuai dengan ketentuan PP 7/2000 tentang Kepelautan," ungkap Fery.


Menurut Fery, sempat terjadi perdebatan dalam pembahasan masalah santunan tersebut, hingga akhirnya perusahaan memberikan santunan sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam PP Kepelautan itu.


"Ya, saya komunikasi dengan PPI Pusat, dengan Mas Imam Syafi'i selaku Ketua Adkumham. Kata beliau santunan meninggal akibat kecelakaan kerja sesuai PP Kepelautan minimum Rp 150 Juta. Ya kami tuntut itu," tegas Fery.


Santuan sebesar Rp 150 juta diserahkan oleh perwakilan PT ALP yang diterima oleh pihak keluarga korban serta disaksikan oleh para pengurus PPI Surabaya dan dituangkan dalam Perjanjian Bersama yang ditandatangani di atas kertas bermaterai cukup.
(IS/IS, 27/02)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki