Berita > Seputar TKI
Ini Kata Kombes Pol Fahrurrozi Terkait Kasus Penipuan Iqama
23 Feb 2018 15:42:26 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1677
Ket: Kombes Pol Moch. Fahrurrozi (kanan)
Foto: Twitter/KBRI Riyadh
Riyadh, LiputanBMI - Atase Kepolisian KBRI Riyadh, Kombes Pol Moch. Fahrurrozi mengatakan beredarnya kasus pemalsuan iqama cukup meresahkan masyarakat Indonesia di Arab Saudi. Ia juga menyayangkan seandainya pelaku penipuan dilakukan seorang WNI.

"Seharusnya kita ini yang berada di luar negeri tidak saling merugikan satu sama lain . Tapi jika ternyata ada oknum yang melakukan demikian ini tidak bisa dibiarkan," kata dia saat dikonfirmasi LiputanBMI, Kamis (22/2).

Kendati kasus tersebut terjadi di Arab Saudi, Kombes Pol Moch. Fahrurrozi mengaku tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan penyidikan. Apalagi jika pelaku sudah tidak berada di Arab Saudi, dia menyerahkan sepenuhnya proses penyidikan kepada kepolisian di Indonesia.

"Perwakilan kan tidak punya kewenangan penyidikan. Ketika kita menerima laporan dari korban, maka kita akan bantu proses penyidikan rekan-rekan kepolisian di Indonesia," terangnya.

Kombes Pol Moch. Fahrurrozi melanjutkan, bilamana pelaku ada di Arab Saudi kemungkinan pihaknya akan membawa kasus tersebut ke ranah kepolisian Arab Saudi.

"Fungsi kita kan melakukan koordinasi, baik dengan kepolisian di Indonesia maupun kepolisian Arab Saudi. Jadi terkait kasus pemalsuan iqama kita lihat dulu situasi dan kondisi di lapangan," paparnya.

"Saudara-saudara kita yang berada di Arab Saudi, harus hati-hati jangan mudah percaya kepada orang yang mengaku bisa membuat surat-surat seperti iqama, akte kelahiran atau surat nikah. Harus dicek kebenarannya, apabila ragu silakan datang ke KBRI Riyadh atau ke KJRI Jeddah," tandasnya.
(IYD/IYD, 23/02)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki