Berita > Seputar TKI
Tuntutan Atas 3 Tahun Gaji Adelina yang Tidak Dibayar Harus Diperjelas
19 Feb 2018 17:41:51 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 2986
Ket: (Almh) Adelina ketika tidur di teras rumah majikannya
Foto: Berita Harian Online
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Tuntutan keluarga Adelina (26), TKI asal NTT yang meninggal dunia di Malaysia karena dianiaya majikannya, atas gaji yang dikatakan selama tiga tahun tidak dibayar, harus diperjelas sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Malaysia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Persatuan Majikan Amah Malaysia (MAMA), Engku Ahmad Fauzi Engku Muhsein menanggapi laporan media Indonesia,The Jakarta Post mengenai tuntutan keluarga Adelina yang baru disampaikan melalui media.

“Kita tidak tahu kepada siapa tuntutan itu dikemukakan. Apakah kepada majikan atau kepada kerajaan Malaysia. Jadi, perlu diperjelas terlebih dulu, selain juga harus sesuai dengan undang-undang negara kita (Malaysia, red)," kata Engku Ahmad Fauzi seperti dilansir Berita Harian Online, Minggu (18/2).

Lebih lanjut, Engku Ahmad Fauzi berkata, pihaknya berpendapat jika tuntutan itu wajar jika dikemukakan kepada majikan Adelina.

"Namun, apakah benar majikan korban tidak membayar gajinya? Jika benar, ia wajar (tuntutan dipenuhi). Tetapi, ini semua diperlukan penyelidikan lebih lanjut, perlu diperjelas untuk penyelidikan dakwaan keluarga korban," katanya.

Sebelumnya, The Jakarta Post, Sabtu (17/2) melaporkan, keluarga Adelina akan menuntut gaji yang ternyata selama Adelina bekerja di Malaysia sejak tahun 2015 tidak dibayar.

“Kami menuntut agar gaji Adelina selama tiga tahun harus dibayar. Jangan membenarkan menahan gajinya karena dia tidak terdaftar," kata bibi Adelina, Petronela Koa ketika menunggu kedatangan jenazah di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, seperti dilansir The Jakarta Post, Sabtu (17/2).

(FK/FK, 19/02)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki