Berita > Seputar TKI
Jenazah Adelina Tiba di Kampung Halamannya
17 Feb 2018 18:37:04 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 4264
Ket: Jenazah Adelina tiba di NTT
Foto: istimewa
Nasional, LiputanBMI - Jenazah Adelina (26), PRT yang menjadi korban penyiksaan majikan hingga meninggal dunia di Malaysia tiba di kampung halamannya di Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/2).

Berdasarkan informasi yang dihimpun LiputanBMI, jenazah Adelina tiba di Bandara El Tari, Kupang sekitar pukul 12.00 WIT. Selain pihak keluarga, termasuk kakak kandung Adelina dan kepala kampung, jenazah Adelina juga dijemput oleh BP3TKI, perwakilan pemerintah, aktivis kemanusiaan, para tokoh agama dan LSM serta tokoh politik di NTT.

Sementara ibu dan ayah Adelina tidak bisa datang menjemput karena kondisinya terlalu lemah setelah mendengar berita kematian Adelina. Proses pemakaman jenazah rencananya akan dilaksanakan hari Minggu (18/2), setelah kebaktian.

Menanggapi kasus kematian Adelina, Koordinator Komunitas Serantau di Malaysia, Nasrikah mengatakan komunitasnya juga sering menangani kasus penganiayaan PRT oleh majikan.

Menurutnya, kebanyakan PRT di Malaysia sangat rentan tereksploitasi, baik oleh majikan maupun agency karena pada umumnya mereka tidak diizinkan menggunakan alat komunikasi.

“Dari beberapa kasus yang kami tangani, pada umumnya PRT tidak diizinkan menggunakan alat komunikasi (HP) dan mayoritas agency menyita semua nomor telepon. Jadi sangat sulit bagi PRT untuk melaporkan ketika mereka menghadapi masalah," ungkap Nasrikah.

Untuk itu, lanjutnya, perlu adanya monitoring dan tindakan hukum secara tegas tidak hanya terhadap majikan, tetapi juga terhadap agency yang terbukti melakukan pelanggaran.

“Selama ini jika ada kasus penganiayaan PRT hanya majikan yang dihukum, tapi belum pernah terdengar agency yang dihukum," tegas Nasrikah.

(FK/FK, 17/02)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki