Berita > Ekosospol
Hari Jadi SIJ Ke 54, Semangat Pendidikan di Kota Jeddah
29 Jan 2018 03:22:56 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 530
Ket: HUT SIJ Ke-54
Foto: SIJ/AL
Jeddah, LiputanBMI - Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) telah genap berusia 54 tahun melayani masyarakat diaspora Indonesia di Jeddah terkait kebutuhan pendidikan.

Peringatan hari jadi sebelumnya telah diawali dengan berbagai lomba seperti cerdas cermat, story telling, membaca puisi, membuat cerpen, futsal, dan karate kini mencapai puncak acara peringatan dengan mengambil tema “Berakhlak Mulia Berbudaya Indonesia”.

Acara dimulai sejak pukul 08.00 WAS dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Jeddah M. Hery Saripudin, Ketua PCINU Ir. Ahmad Fuad Abdul Wahab, perwakilan dari Indonesian Islamic International School of Jeddah (IIISJ) dan Sekolah Indonesia Mekkah (SIM).

Terasa lebih spesial karena acara ini dibawakan oleh tiga pembawa acara dengan tiga bahasa yang berbeda yatu bahasa Indonesia, Arab dan Inggris.

Diawali dengan pembacaan Al-Qurán dan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SIJ, Sugiyono yang menyampaikan tentang perkembangan pelayanan pendidikan selama beberapa tahun ini antara lain optimalisasi pelaksanaan UNBK dan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia seperti IPB, UNNES, UNY, UNISMA untuk pemberian beasiswa jalur prestasi bagi lulusan SIJ.

Sambutan dilanjutkan oleh Konjen Hery yang berpesan kepada seluruh guru dan peserta didik agar lebih meningkatkan budaya BOT “Baca, Omong, Tulis”. Tiga hal ini adalah penting menurut beliau untuk membangun atmosfir akademik yang lebih berkualitas.

Dengan kemampuan membaca, berbicara dan menulis yang baik diharapkan menjadi amunisi bagi generasi muda untuk merajut cita-cita dan kehidupan yang lebih bermanfaat.


Sebagai selingan, seluruh hadirin dihibur oleh penampilan tari, pembacaan pusi dan pencak silat dari peserta didik SIJ.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 10 guru yang telah mengabdi selama lebih dari 20 tahun memajukan pendidikan anak-anak diaspora Indonesia.

Penghargaan juga diberikan kepada tiga siswa berprestasi yang masing-masing dari tingkat SD, SMP , dan SMA. Prestasi ini tidak hanya dilihat dari nilai akademik, namun juga dari sikap dan perilaku.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Adi Sunardi, salah satu guru SIJ dan penampilan drama dari English Conversation Club SIJ. (AL)

Tulisan Kiriman dari Alfian Bakoel Kopi, Jeddah
(TTG/TTG, 29/01)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki