Berita > Ekosospol
KDEI: Perpanjangan Kontrak Makin Mudah dengan Layanan SIPKON
27 Jan 2018 09:19:01 WIB | Yully Agyl | dibaca 930
Ket: Kepala KDEI Taipei dalam sambutannya tentang SIPKON
Foto: Web. KDEI
Taipei, LiputanBMI - Demi meningkatkan layanan dalam memudahkan proses perpanjangan kontrak kerja bagi para BMI, KDEI Taipei menyelenggarakan sosialisasi pengenalan Sistem Informasi Perpanjangan Kontrak (SIPKON). Acara yang diadakan di gedung KDEI, 6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, dibuka langsung oleh Kepala KDEI, Robert J Bintaryo, Kamis (25/1/2018).

Dalam sambutannya, Kepala KDEI menyampaikan, dengan penggunaan sistem informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yakni kemudahan bagi BMI, majikan maupun agensi dalam proses perpanjangan kontrak tanpa pulang.

"Dengan adanya sistem ini menjawab kekhawatiran BMI selama ini, yakni ketika cuti tidak perlu lagi mendatangi kantor BP3TKI untuk pendataan / pengurusan asuransi karena semuanya sudah dilakukan di Taiwan yaitu di KDEI Taipei. Sistem ini juga sudah terintegrasi dengan sistem Asuransi BPJS Ketenagakerjaan & Perbankan”, ujar Kepala KDEI sebagaimana dikutip dari website KDEI, Kamis (1/1/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Gabungan Asosiasi Agensi serta Perwakilan Asosiasi Agensi dari berbagai kota di Taiwan (Taipei, Kaohsiung, New Taipei City, Taoyuan dan Tainan), serta beberapa agensi besar yang membantu memfasilitasi BMI dalam perpanjangan kontrak.

Sementara itu, Kabidnaker Devriel Sogia Raflis menegaskan bahwa melalui pertemuan ini diharapkan bisa mendapatkan masukan dan feedback penting dari agency guna penyempurnaan dalam pengembangan sistem informasi tersebut.

Analis Bidnaker, Farid Ma’ruf turut menyampaikan paparan teknis terkait Sistem Informasi Perpanjangan Kontrak (SIPKON). Aplikasi online sistem tersebut dihadirkan guna memberikan kemudahan pelayanan bagi BMI dan direncanakan akan dilaunching bulan Februari 2018. Output akhir dari SIPKON yakni terdatanya BMI yang melakukan perpanjangan kontrak tanpa pulang di Taiwan ke dalam Sistem Informasi Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) serta terdaftarnya BMI sebagai peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Asuransi BPJS Ketenagakerjaan).

Adapun tahapan dalam pelayanan perpanjangan kontrak yang dapat dilakukan di Taiwan adalah sebagai berikut :

- Persiapan (melengkapi dokumen yang diperlukan seperti alur proses selama ini).

- Pendaftaran (mengisi formulir online, melakukan pembayaran asuransi BPJS Ketenagakerjaan).

- Verifikasi (verifikasi dan pemeriksaan dokumen, endorsement).

- Pengecekan Status (mengecek status perpanjangan kontrak.

Tahap 1 dan 2 dilakukan oleh agensi/majikan/BMI, bila sudah selesai dilanjutkan dengan tahap 3 dan 4 yakni di Kantor KDEI Taipei.

Dengan sistem ini dapat menyajikan data penempatan yang realtime serta kecepatan tracking data BMI dalam penyelesaian permasalahan BMI sehingga dapat meningkatkan perlindungan BMI di Taiwan. Juga diharapkan dapat memudahkan klaim asuransi BMI ke depannya.

Uji coba sistem tersebut saat ini dapat dilakukan dengan mengakses http://bit.ly/SIPKON

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan BNI Taiwan, Ersam Richard Parura juga menyampaikan tata cara pembayaran program jaminan sosial melalui BNI. Pembayaran program jaminan sosial saat ini sudah dapat dilakukan baik di Indonesia melalui bantuan keluarga BMI maupun di Taiwan yakni menggunakan fitur produk BNI yakni KPI (Kartu Pekerja Indonesia) yang berupa fasilitasi mobile, internet dan SMS Banking.

Perwakilan agensi yang hadir turut menyampaikan beberapa masukan antara lain tentang perlunya kemudahan dalam pembayaran Program Jaminan Sosial, serta perlunya pengumuman dari KDEI sehingga dapat disebarkan kepada seluruh BMI di Taiwan.
(YLA/TTG, 27/01)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki