Berita > Seputar TKI
Rapat Anggota Tahunan Koperasi TKI Indramayu Sejahtera
14 Jan 2018 22:07:23 WIB | Redaksi | dibaca 1077
Ket: Photo Bersama Anggota Koperasi
Foto: LBMIMY
Indramayu, LiputanBMI - Koperasi TKI Indramayu Sejahtera, yang dibentuk oleh sejumlah purna dan Keluarga TKI yang tergabung dalam Serikat Buruh Migran Indramayu pada Minggu 14 Januari 2018, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi.

Bertempat di Sekretariat SBMI Indramayu, rapat membahas Laporan pertanggungjawaban, evaluasi kinerja pengurus tahun 2017, pembagian SHU, menyusun program kerja tahun 2018, dan peluncuran Buku Simpanan Anggota.

"Alhamdulillah kehadiran Koperasi TKI yang kami bentuk diterima oleh para TKI, purna TKI, dan keluarga TKI di Indramayu, terbukti dengan adanya peningkatan yang cukup signifikan jumlah anggota maupun jumlah simpanan dibandingkan dengan tahun lalu," ujar Ketua Koperasi, Trisnaeti, dalam penyampaian LPJ.

Lanjut Trisnaeti, pada awal dibentuk hanya 25 orang anggota dengan modal awal 10 Juta Rupiah. Saat ini anggota sudah 45 orang, dan dalam waktu perjalanan dua puluh bulan sudah berhasil meningkatkan modal menjadi 43 Juta Rupiah.

Salah satu anggota, Rohayati, purna TKI Abu Dhabi, bercerita Ia sempat berencana ingin kembali bekerja sebagai TKI. Setelah bergabung kemudian diberi pinjaman modal usaha oleh koperasi, sekarang sudah mempunyai penghasilan sendiri.

"Patut kita syukuri, walaupun masih merintis sekarang saya sudah punya warung kecil-kecilan lumayan untuk meringankan beban suami," ucap Yati pada LiputanBMI.

Sementara itu, Ketua SBMI Indramayu, Juwarih, selaku pendiri dan pengawas koperasi mengatakan tujuan SBMI Indramayu membentuk koperasi yaitu untuk mendorong adanya pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bagi para mantan (purna) TKI dan keluarganya

"Mungkin sekarang masih belum terlihat dampak dari manfaatnya sebuah koperasi, namun saya yakin jika koperasi ini dikelola dengan baik, saya yakin akan menjadi besar dan besar pula manfaat yang akan dirasakan oleh anggota," kata Juwarih saat memberikan kata sambutan.

Masih kata Juwarih, indikator sebuah koperasi dikatakan sehat yaitu salah satunya koperasi tersebut mampu mengadakan RAT setiap tahunnya.

Koperasi "TKI Indrammayu Sejahtera" berkantor di Jl. Sudirman Blok Sukamelang, RT 010 RW 002, Desa Krasak Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Badan Hukum; Surat Keputusan Menteri Koperasi RI. Nomor : 004864/BH/M.KUKM.2/VIII/2017.
(RED/TTG, 14/01)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki