Berita > Ekosospol
Bayi Baru Lahir dari WNA/TKA di Taiwan Langsung Dapat Perlindungan Asuransi Kesehatan
27 Dec 2017 20:17:38 WIB | Yully Agyl | dibaca 710
Ket: Ilustrasi
Foto: CNA Taiwan
Taipei, LiputanBMI -
Undang-undang yang mulai berlaku pada 1 Desember 2017 memungkinkan bayi dari warga negara asing yang tinggal secara legal di Taiwan, secara otomatis mendapat perlindungan asuransi kesehatan nasional. Jadi, tidak perlu lagi menunggu enam bulan sebagaimana UU sebelumnya.

Dilansir CNA Taiwan, Rabu (27/12/2017) Lu Li-yu (盧麗玉) dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan mengatakan, Undang-Undang Asuransi Kesehatan Nasional yang ada mengharuskan WNA memiliki izin tinggal di Taiwan selama minimal enam bulan sebelum mendaftar untuk mendapatkan asuransi kesehatan nasional.

Dalam peraturan baru, hal ini tidak berlaku untuk anak-anak mereka jika mereka melahirkan di Taiwan. Alasannya adalah untuk melindungi kesehatan bayi yang baru lahir.

Diperkirakan peraturan baru tersebut akan menguntungkan 700-800 bayi setiap tahun, meskipun orang tua mereka masih berstatus warga negara asal.

Menurut Kuo Li-kai (郭立凱), perwakilan dari Yayasan Home Harmony Association Taiwan, dulu ketika bayi WNA belum memenuhi syarat untuk mendapatkan asuransi kesehatan nasional sejak lahir, orang tua dapat menghabiskan NTD 3.000 (USD 100) untuk enam bulan pemeriksaan pasca kelahiran dan NTD 1 juta (USD 33.000) selama dua sampai tiga bulan pengobatan jika anak mereka dirawat di unit perawatan intensif.

Hal itu sulit diterima oleh pekerja migran dengan gaji bulanan sebesar NTD 20.000 (USD 670). Selama dua dekade terakhir, yayasan tersebut telah membantu lebih dari 1.200 bayi baru lahir dan saat ini merawat 160 bayi.

Kuo memuji peraturan baru tersebut karena menurutnya bayi tidak bisa memilih di mana mereka dilahirkan dan sudah seharusnya diperlakukan selayaknya.
(YLA/RED, 27/12)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki