Berita > Seputar TKI
Festival Sastra Migran Indonesia, FLP Hong Kong Wadahi Karya dan Kreativitas BMI 
26 Dec 2017 11:43:27 WIB | Wijiati Supari | dibaca 706
Ket:
Foto: LBMI
Hongkong, LiputanBMI - “Tebar Empati, Gaungkan Kebaikan di Media Sosial” sebuah tema besar yang diangkat dalam Festival Sastra Migran Indonesia (FSMI) ke-VII yang digelar oleh komunitas kepenulisan Forum Lingkar Pena (FLP) Hong Kong.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Ramayana Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong pada Minggu, (10/12/2017) ini diisi dengan sosialisasi bagaimana cerdas menggunakan sosial media di era digital oleh Yuni Suryati, Konsul Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud) KJRI Hong Kong.

Ayundha Lestari, ketua panitia acara kepada Liputan.BMI.Com menyampaikan tujuan digelarnya acara tersebut sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan menyelami sastra, serta mengajak buruh migran Indonesia di Hong Kong untuk menulis.

“Orientasinya lebih kepada mengajak menulis dengan menggelar lomba menulis BMI di Hong Kong dan Macau, yang ternyata antusiasme BMI terhadap dunia menulis, bercerita, membagi pengalaman, sangat luar biasa,” tutur Ayundha.

“Harapan saya untuk para pemenang lomba cerpen, maupun menulis kisah inspirasi, dan bagi BMI yang memperoleh Reading Award teruslah berkarya, berbagi pengalaman terhadap penulis baru, dan jadilah penulis yang idealis. Tidak hanya pintar merangkai kata, tetapi mampu menggairahkan pemikiran ke arah yang positif,” tambah BMI Hong Kong asal Ponorogo Jawa Timur ini.

Festival Sastra Migran Indonesia sendiri merupakan puncak dari serangkaian acara yang sebelumnya digelar oleh FLP-HK bekerjsama dengan KJRI Hong Kong, seperti pelatihan menulis bersama M Aji Surya Pensosbud KJRI Seoul yang juga mantan wartawan Tempo, Arifin Arsyad pemimpin redaksi Kumparan.com dan founder Detik,com yang digelar pada 5 November, dan workshop tentang tips menghasilkan uang dari blog bersama Risalah Husna pada 19 November, serta lomba menulis kisah inspirasi dan menulis cerita pendek untuk buruh migran di Hong Kong dan Macau dan penganugerahan reading award untuk BMI yang rajin meminjam buku di perpustakaan FLP.

Sementara itu panggung FSMI dimeriahkan dengan penampilan monolog dan drama berjudul “Republik Maya” persembahan FLP Hong Kong bekerjasama dengan Komunitas Teater Matahari, musikalisasi puisi, penampilan biola oleh komunintas Under Bridge Community dan juga pemutaran film pendek karya anggota FLP Hong Kong, Ocus Wina.
(WSP/RED, 26/12)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki