Berita > Seputar TKI
TKI Asal Karawang Koma di Saudi, Para Aktivis Galang Dana Ringankan Biaya Rumah Sakit
23 Dec 2017 00:10:23 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1421
Ket: Kondisi Sarah di RS Al Adwani, Taif
Foto: BMI-SA Taif
Taif, LiputanBMI - Seorang TKI asal Dusun Langseb, Desa Kerta Raharja , Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sarah binti Rasim (48) dilaporkan terbaring koma di RS Al Adwani, Taif, Arab Saudi.

Ketua DPC BMI-SA Taif, Slamet Hariyadi, S.Pd.I mengatakan, Sarah sempat ditolak dua rumah sakit sebelum dirawat di RS Al Adwani karena kendala tidak mempunyai iqamah (residen permit).

"Salah satu anggota kami Basri Mustofa dimintai bantuan agar Sarah diterima di rumah sakit. Karena kondisinya sangat kritis, Basri langsung menjaminkan iqamahnya agar pihak rumah sakit segera merawat Ibu Sarah," katanya kepada LiputanBMI, Jumat (22/12).

Karena rumah sakit tersebut merupakan milik swasta, lanjut kata Slamet, biaya perawatanya juga mahal. Membutuhkan biaya di atas SR 30 ribu atau setara Rp 70 juta. Sementara pihak keluarga tidak mempunyai uang sebesar itu.

"Kami juga sudah meminta bantuan KJRI Jeddah tapi tidak mempunyai dana untuk menangung biaya perawatan Ibu Sarah," terangnya.

Tak kehabisan cara, pihak BMI-SA di setiap DPC pun lantas menggalang dana bersama Admin Facebook Mabes BMI dan Radio Streaming Reza. .

Ketua DPWLN BMI-SA, Adi Permana mengungkapkan dana yang sudah terkumpul saat ini sudah mencapai SR 6.500. Dana tersebut merupakan sumbangan yang diterima secara tunai dan vocher pulsa.

"Kita akan terus berupaya agar dana yang dibutuhkan cukup. KIta juga akan minta bantua Pemda Karawang mudah-mudahan Bupati Celica Nurrachadia punya kepedulian terhadap warganya di luar negeri, seperti Bupati Purwakarta yang sudah dua kali memulangkan TKI yang membutuhkan bantuan" imbuhnya.

Rencananya penggalangan dana akan kembali dilakukan .di Taman Indonesia yang terletak di kawasan Al Fasaliyah, Jeddah dengan dibantu Garda BMI, PosperTKI, P2KN dan PSTKI.


(IYD/RED, 23/12)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki