Berita > Komunitas
PKBM Muhammadiyah Taiwan Terima Murid Baru Program Kesetaraan
12 Dec 2017 21:25:55 WIB | Yully Agyl | dibaca 1369
Ket: Brosur penerimaan murid baru PKBM MT
Foto: PKBM Muhammadiyah Taiwan
Taipei, LiputanBMI - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Muhammadiyah Taiwan (PKBM MT) membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia di Taiwan untuk mengikuti pendidikan kesetaraan dengan menawarkan program Kejar Paket A (setara SD), Kejar Paket B (setara SMP), dan Kejar Paket C (setara SMA).

Selain itu, PKBM MT juga menawarkan 4 progam pendukung (ekstrakurikuler), yaitu Literasi Al-Qur’an, Seni Bela Diri Pencak Silat Tapak Suci, Forum Kewirausahaan, dan Praktek Jurnalistik.

Dalam rilisnya, Selasa (12/12/2017) PKBM MT menyebut, pendirian PKBM MT ini merupakan wujud dari karakter khas Muhammadiyah yang konsen pada bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan.

Hingga saat ini Muhammadiyah mempunyai lebih 9.556 lembaga pendidikan mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Program ekstrakurikuler yang ditawarkan dimaksudkan untuk mendukung dan mewujudkan visi dan slogan PKBM MT, yakni Taqwa, Mandiri, Berkemajuan.

Melalui program literasi Al-Qur’an yang terdiri dari kajian ke-Islam-an dan tahfidz Juz ‘Amma diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan ketaqwaan siswa PKBM MT yang beragama Islam.

Jika ada siswa yang beragama selain Islam, maka sudah barang tentu akan mengikuti ajaran agama masing-masing siswa. Siswa non-Islam akan disediakan pengajar yang sesuai dengan agamanya.

Kajian Ke-Islam-an: Fiqh Formosa.
Ket. foto: Kajian Ke-Islam-an: Fiqh Formosa.
Sumber foto: KBM Muhammadiyah Taiwan



Dalam program pendidikan ini, kemandirian siswa diupayakan tidak hanya melalui ceramah teoritis dan pembelajaran di kelas, tetapi juga diwujudkan melalui kegiatan praktik terkait. Karakter kepemimpinan dan patriot siswa akan digembleng melalui Seni Bela Diri Pencak Silat Tapak Suci.

Tapak Suci Taiwan tampil di Museum Nasional Taiwan, Taipei pada Juli 2017
Ket. foto: Tapak Suci Taiwan tampil di Museum Nasional Taiwan, Taipei pada Juli 2017
Sumber foto: PKBM Muhammadiyah Taiwan



Karakter dan pola pikir (mindset) mandiri terutama dalam bidang ekonomi akan diasah dalam kegiatan-kegiatan yang diprogramkan oleh Forum Kewirausahaan PKBM MT.

Dengan adanya pola pikir mandiri ini, siswa yang kebanyakan adalah para tenaga kerja Indonesia di Taiwan ini diharapkan akan mempunyai karakter dan pemikiran berkemajuan yang senantiasa berupaya keras keluar dari kungkungan predikat sebagai (buruh migran Indonesia/BMI) serta berani menghadapi hidup di Indonesia.

Kemampuan mengungkapkan pendapat dan keberanian berbicara di depan umum juga tak luput dari perhatian PKBM MT.

Melalui Program Jurnalistik, siswa dilatih untuk berani menyebarkan gagasan melalui tulisannya, memberitakan sesuatu yang penting diketahui khalayak ramai, serta berani bicara di depan umum (public speaking) melalui Radio Surya Formosa yang dapat disimak acaranya melalui App Android Radio JRIM.

Proses pendaftaran sangat mudah, cukup klik Form Pendaftaran Online ini:Pendaftaran Online.

Untuk info lebih lanjut, silakan menghubungi FB Page PKBM Muhammadiyah Taiwan (@pkbmMT) atau hubungi kontak person PKBM MT +62 852-3174-6672 (WA), +62 821-2181-2537 (LINE)




(YLA/RED, 12/12)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki