Berita > Seputar TKI
26 Tahun Hilang Kontak, Ibu Ini Akhirnya Bisa Dilacak & Dipulangkan KJRI Jeddah
12 Dec 2017 17:58:52 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 4499
Ket: KJRI Jeddah berhasil memulangkan SBK beserta seluruh hak-haknya pada 6 Desember 2017
Foto: Detikcom/KJRI Jeddah
Jeddah, LiputanBMI - Seorang pekerja migran Indonesia (PMI), SBK selama 26 tahun bekerja di Arab Saudi dan lama hilang kontak dengan keluarganya. Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah akhirnya berhasil memulangkan SBK beserta seluruh hak-haknya pada 6 Desember 2017.

"Kami sangat bersyukur bisa bertemu dengan Ibu. Kami sekeluarga merasa sangat senang," ujar anak SBK saat staf KJRI Jeddah menghubungi melalui video call. Tampak SBK berkumpul bersama keluarga dan cucunya.

"Terimakasih pak atas bantuannya selama ini," ujar SBK.

Staf Teknis Tenaga Kerja KJRI Jeddah, Mochamad Yusuf mengatakan proses penanganan SBK cukup sulit. Hal ini karena tidak adanya data pendukung memperlambat proses penuntutan ke kantor perburuhan Arab Saudi.

"Kami mencoba mencari data PMI dengan sistem sidik jari di kantor Imigrasi Arab Saudi, namun tidak ditemukan data apapun, sehingga proses hukum sangat sulit dilakukan" ujar Mochamad Yusuf dalam keterangan tertulis yang dilansir Detikcom Selasa (12/12/2017).

KJRI Jeddah akhirnya menempuh jalur kekeluargaan dan dibantu instansi terkait untuk memaksa Kafil, majikan SBK agar membayar segala hak-hak SBK.

Setelah sekian lama, akhirnya pengguna jasa pun datang ke Kantor KJRI Jeddah dan memberikan hak-hak yang selama ini tidak dibayarkan.

Konjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin mengingatkan agar PMI selalu menyimpan copy idientitasnya pribadi. "Adanya data-data PMI akan sangat membantu proses yang dilakukan KJRI Jeddah dalam melindungi warga Indonesia." ucapnya.
(JWD/RED, 12/12)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki