Berita > Ekosospol
Pemerintah Arab Saudi Larang Selfie di Dua Masjid Suci
22 Nov 2017 20:45:00 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 2489
Ket: ilustrasi selfie di Masjidil Haram
Foto: google
Makkah, LiputanBMI - Pemerintah Arab Saudi secara resmi telah melarang jemaah haji dan umrah melakukan pengambilan gambar di dua Masjid Suci, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Larangan tersebut disampaikan melalui nota diplomatik dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dan surat edaran dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

“Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan instruksi berisi larangan pengambilan gambar di dalam dua masjid suci dan serambinya dengan menggunakan segala jenis, bentuk, dan sarana apa pun,” demikian isi nota tersebut sebagaimana dikutip LiputanBMI, Rabu (22/11).

Dalam nota tersebut juga disebutkan bahwa sebagian jemaah haji dan umrah dari berbagai kewarganegaraan telah menaikkan bendera negara mereka kemudian melakukan pengambilan gambar di dalam koridor Masjidil Haram.

Ketika ditegur dan dinasehati oleh pihak yang berwenang keamanan Masjidil Haram bahwa apa yang mereka lakukan melanggar peraturan dan instruksi, sebagian dari mereka berdalih bahwa hal tersebut untuk kenang-kenangan dan tidak tahu bahwa ada instruksi yang melarang pengambilan gambar.

Dengan dikirimnya nota tersebut, pemerintah Saudi mengajak para penangung jawab urusan haji dan umrah di negara-negara asal jemaah untuk menghormati kesucian dua masjid suci. Pengambilan gambar dianggap mengganggu dan memancing perasaan orang-orang yang ada di dua masjid suci.

Nota ini juga mengingatkan bahwa jika peringatan tersebut dilanggar, maka pihak keamanan di dua masjid suci telah diberi instruksi untuk menyita hasil film dan jepretan kamera yang diambil jemaah.
(IYD, 22/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki