Berita > Seputar TKI
Nambah Lagi, 36 Ribu Ekspatriat Ilegal Ditangkap Aparat Saudi
21 Nov 2017 18:41:56 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1917
Ket: Penangkapan ekspatriat ilegal di Saudi
Foto: Saudi Gazette
Riyadh, LiputanBMI - Pemerintah Arab Saudi saat ini tengah gencar melakukan penangkapan kepada ekspatriat pelanggar izin tinggal dalam kampanye yang bertajuk "negara bebas pelanggar".

Dalam waktu sepekan sebanyak 36.656 ekspatriat ilegal telah ditangkap dalam operasi gabungan yang dilakukan di berbagai provinsi Kerajaan.

Direktur Polisi Asir, Mayjen Saleh Sulaiman Al-Qarzaie, mengatakan sekitar 63 pelaku kriminal juga ditangkap dalam operasi tersebut. Selain itu, katanya, sejumlah senjata api dan jumlah amunisi juga disita.

Al-Qarzaie mengatakan sekitar 1.919 bundel qat dan sejumlah pil narkotika juga berhasil disita.

"Sebanyak 6.635 pelanggaran lalu lintas telah didaftarkan selama empat hari pertama kampanye," tambahnya sebagaimana dikutip dari Saudi Gazette, Selasa (21/11).

Juru bicara kepolisian, Mayor Zaid Al-Dabbash, memperingatkan warga Saudi untuk tidak menampung ekspatriat ilegal atau memberi mereka akomodasi atau transportasi dan mengatakan untuk ini mereka akan menghadapi hukuman penjara dan denda.

Di Madinah, sebanyak 1.130 pelanggar ditangkap dan diserahkan ke pihak berwenang untuk menghadapi, penjara, denda dan deportasi.

Juru bicara kepolisian, Mayor Hussain Al-Qahtani, mengatakan bahwa kampanye tersebut mencakup sejumlah lingkungan di kota suci serta beberapa distrik di sekitarnya.

Di Tabuk, sekitar 595 pelanggar berbagai negara ditangkap dan akan dihukum sesuai aturan yang berlaku.

Pejabat terkait mengatakan bahwa mereka yang ditangkap dalam kampanye sejauh ini mencakup 22.085 pelanggar izin tinggal, 6.874 orang mencoba menyusup ke Saudi dan 7.697 pelanggar peraturan ketenagakerjaan.

Jumlah yang dideportasi sejak awal kampanye mencapai 4.457 orang dari berbagai negara. Sebanyak 3.223 orang telah menjalani hukuman.
(IYD, 21/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki