Berita > Seputar TKI
TKI Asal Ngawi, Meninggal karena Jatuh dari Lantai 11
19 Nov 2017 12:30:20 WIB | Yully Agyl | dibaca 1874
Ket: Korban, Panti (Insert)
Foto: Screenshoot
Taichung, LiputanBMI - Seorang TKI di Taiwan meninggal dunia karena terjatuh dari balkon rumah majikan di lantai 11 daerah Taichung, Sabtu (18/11/2017). TKI yang diketahui bernama Panti (32), asal Desa Gerih Balong, Ngawi, Jawa Timur ini baru satu tahun bekerja di Taiwan dan berangkat melalui PT. Barkahayu Safarindo Karas, Magetan.

Sementara itu, dikutip dari pemberitaan media elektronik Taiwan , korban terjatuh dari lantai 11 bersama sejumlah pakaian. Meski demikian belum diketahui secara pasti penyebab jatuhnya korban.

Sampai saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan dan jenazah korban disemayamkan di rumah duka Taichung, untuk selanjutnya diproses kepulangannya.

Menurut informasi yang didapat LiputanBMI dari beberapa teman korban menyebutkan, bahwa korban saat ini sedang menunggu proses pindah majikan.

Proses pindah majikan di Taiwan terbilang rumit dan sulit. Selain harus ada alasan dan disertai bukti kongkret, terkadang masih terkendala dengan izin dari majikan. Banyak majikan dan agen memilih memulangkan sepihak pekerjanya daripada memberikan tanda tangan kemutusan kontrak kerja dan izin pindah majikan.

Selain itu, banyak agen yang tidak mau menampung pekerja saat proses pindah majikan berlangsung. Kalau pun bersedia menampung akan ditarik biaya hidup (makan dan tidur) selama masa tunggu. Padahal, agen setiap bulan sudah menarik biaya fee, walau mereka tidak melakukan pelayanan yang dibutuhkan pekerja setiap bulannya.
(YLA, 19/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki