Berita > Ekosospol
KBRI Sosialisasikan KMILN, Ini Manfaatnya Bagi Pekerja Migran
14 Nov 2017 15:52:14 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 2625
Ket: Desain KMILN
Foto: Kemenlu RI
Riyadh, LiputanBMI - Jumat, 10 Nopember 2017, tim LiputanBMI mengikuti sosialisasi KMILN (Kartu Masyarakat Indonesia Luar Negeri) di KBRI Riyadh.

Apa itu KMILN? Apa manfaatnya? Bagaimana mendapatkannya? Apa saja persyaratannya? Berikut catatan ringkas seputar KMILN.

KMILN adalah kartu tanda pengenal yang diberikan oleh pemerintah RI kepada masyarakat Indonesia di luar negeri yang memenuhi persyaratan dan kriteria tertentu.

Karena menetap di luar negeri, para pekerja migran (TKI) dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan KMILN.

Dengan KMILN para pekerja migran dapat menggunakannya untuk membuka rekening tabungan di bank nasional, membeli properti (rumah, tanah) ataupun mendirikan badan usaha di Indonesia.

KMILN bukan KTP, tapi dapat difungsikan sebagai tanda pengenal selama menetap di luar negeri. KMILN bersifat elektronik, namun dapat dicetak sendiri jika diperlukan.

Syarat untuk mendapatkan KMILN sangat mudah, cukup melampirkan copy (salinan) paspor yang masih berlaku serta izin tinggal menetap dari negara setempat.

Selain syarat utama di atas, pemohon harus melampirkan paling sedikit 2 (dua) bukti pendukung lainnya seperti; SIM, kartu pekerja, surat keterangan, perjanjian kerja, kontrak sewa rumah atau dokumen sah lainnya yang diterbitkan aparat berwenang.

Untuk mendaptar KMILN, permohonan dilakukan secara online dengan mengunjungi situs https://iocs.kemlu.go.id, kemudian membuat akun dan dilanjutkan proses pengisian formulir dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

KMILN bersifat sukarela, tidak diharuskan. Namun demikian para pekerja migran tetap dianjurkan untuk memiliki KMILN sehingga keberadaan dan keahliannya akan tercatat di database pemerintah.

Tujuan diterbitkannya KMILN adalah untuk pemetaan potensi dan jejaring masyarakat Indonesia di luar negeri (MILN) untuk kepentingan nasional, dengan demikian nantinya pemerintah dapat membuat kebijakan lebih lanjut akan pemberdayaan MILN.

Masa berlaku KMILN adalah 2 tahun dan dapat diperpanjang dengan mengajukannya melalui aplikasi online.

Lebih lengkap tentang KMILN, dapat dilihat di postingan berikut:


(TTG, 14/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki