Berita > Seputar TKI
Gandeng BMI-SA, BP3TKI Bandung Gelar Pelatihan Konveksi Bagi Purna TKI
13 Nov 2017 23:59:17 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1736
Ket: Pelatihan konveksi purna TKI oleh BP3TKI
Foto: LBMI
Bandung, LiputanBMI - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung  menggelar pelatihan kewirausahaan kepada purna TKI di Desa Singajaya , Kecamatan Cihampelas, Bandung Barat dengan menggandeng Buruh Migran Indonesia Saudi Arabia (BMI-SA).

Pelatihan yang diikuti 25 perseta itu terdiri dari 23 perempuan dan 2 laki-laki dimulai pada Senin (13/11).

Di hari pertama para peserta dibekali pengetahuan bagaimana dalam mengelola keuangan yang di sampaikan oleh Wefi, Staf Perlindungan & Pemberdayaan BP3TKI Bandung dan Sinergitas Program Pemberdayaan Masyarakat (Pendampingan Kelompok) oleh Sutrisno Kasi Penempatan Disnaker Kabupaten Bandung Barat.

Ketua Umum BMI-SA Ganjar Hidayat mengatakan, pelatihan tersebut diharapkan dapat meminimalisir purna TKI yang ingin kembali bekarja ke luar negeri secara unprosedural.

"Kita berharap para purna TKI mempunyai skill dalam bidang keahliannya dan tidak kembali berangkat menjadi TKI unprosedural," katanya saat dikonfirmasi LiputanBMI.

Menurut Ganjar, program yang selama ini dilakukan BP3TKI dapat membantu dan mendorong purna TKI agar bisa mandiri untuk menuju kesejahteraan yang lebih baik.

"Kita berharap program seperti ini juga dapat dilakukan secara menyeluruh di kota-kota yang merupakan basis TKI," terangnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Singajaya Chozin Kurnia, menurutnya pelatihan semacam ini baru kali pertama diadakan di Desanya.

"Pelatihan ini harus berkelanjutan ke usaha yang benar-benar ril dengan apa yang telah di dapatkan dalam pelatihan tersebut," ujarnya.
(IYD, 13/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki