Berita > Ekosospol
Korea Selatan Berlakukan Bebas Visa Masuk untuk Turis Indonesia, Philipina, dan Vietnam
05 Nov 2017 19:11:08 WIB | Redaksi | dibaca 24173
Ket: Korea
Foto: google
Daegu, LiputanBMI - Dalam upaya menghidupkan kembali pasar pariwisata di Korea Selatan dan untuk menyambut olimpiade musim dingin PyeongChang 2018, pemerintah setempat memberlakukan bebas visa masuk untuk turis Indonesia, Philipina, dan Vietnam.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan yang membahas masalah ekonomi antara pemerintah dan sektor swasta di gedung pemerintah Seoul bersama, Wakil Perdana Menteri untuk urusan ekonomi dan Menteri Keuangan,Kim Dong-yeon, Sabtu (4/11).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata, Doo Jong Hwan ini juga disampaikan bahwa keputusan tersebut diambil untuk mendongkrak wisatawan asing yang jumlahnya dinilai menurun.

"Meskipun industri pariwisata yang telah dikunjungi tahun lalu telah berkembang, jumlahnya telah menyusut tahun ini. Jumlah wisatawan China telah menurun dari 3,23 juta orang pada periode yang sama tahun lalu. (61,3%)," tuturnya seperti dikutip di HaB Korea.com, Sabtu (4/11).

"Ada kekhawatiran bahwa menurunnya jumlah wisatawan bisa mengecilkan industri pariwisata dan mengurangi jumlah pekerjaan terkait." Tambahnya.

Bahkan, untuk menunjang program revitalisasi pariwisata tersebut, pemerintah Korea Utara telah mempersiapkan dua kapal pesiar besar untuk dioperasikan di Sokcho selama Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang sebagai fasilitas akomodasi.

Melalui perdana menteri pemerintah menjelaskan pihaknya akan menyediakan 2.261 kamar, serta menyediakan bus antar-jemput gratis yang bisa dioperasikan di dalam kota tempat olimpiade digelar, termasuk Pyeongchang, Gangneung, dan kota-kota tetangga.

Lebih lanjut, Kim Dong-yeon menyampaikan, Korea Selatan juga berencana untuk mendiversifikasi negara-negara rekrutmen wisatawan untuk menurunkan ketergantungan pada wisatawan China dalam jangka panjang.

Untuk itu, Indonesia, Filipina, dan Vietnam menjadi turis yang dipilih Korea Selatan untuk menikmati kemudahan bebas visa masuk hingga bulan April 2018 bagi yang datang ke Korea melalui Bandara Yangyang.

***

Penulis: Wijiati Supari
(RED/RED, 05/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki