Berita > Ekosospol
Kemnaker Taiwan Tambahkan Dua Fungsi Baru ke Sistem Online Terkait Pekerja Migran
03 Nov 2017 20:31:10 WIB | Yully Agyl | dibaca 967
Ket: Ilustrasi
Foto: Google
Taipei, LiputanBMI - Kementerian Tenaga Kerja (Ministry Of Labour) Taiwan menambahkan dua fungsi baru ke sistem online untuk mengelola penanganan terkait pekerja migran pada Rabu (1/11/2017). Penambahan ini mencakup pembaruan informasi ketenagakerjaan dan penyampaian aplikasi untuk memperpanjang waktu transisi antara kontrak .

Kedua layanan tersebut ditambahkan ke sistem online yang telah diluncurkan oleh kementrian pada bulan Januari 2016 lalu. Gunanya untuk mengelola job order, perluasan lapangan kerja, dan fungsi penting lainnya yang terkait dengan pekerja migran di Taiwan.

Sebagaimana dilansir CNA Taiwan, Rabu (1/10/2017), pengguna jasa hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan akun online dengan menggunakan sertifikat bisnis atau ID mereka. Kemudian mengisi informasi yang diperlukan dan klik "kirim".

Dalam sebuah pernyataan pers, MOL menyatakan bahwa dengan fungsi tambahan ini memungkinkan majikan memperbarui informasi khusus pekerja mereka atau meminta perpanjangan waktu transisi ketika pekerja dalam proses pindah majikan.

Berdasarkan peraturan yang berlaku saat ini, pekerja migran memiliki waktu hingga 60 hari untuk pindah ke perusahaan/majikan baru setelah akhir kontrak dan diperbolehkan 60 hari tambahan jika pekerja tersebut berada di Taiwan kurang dari satu tahun atau dalam keadaan tertentu.

Dengan adanya pembaruan ini, majikan akan lebih mudah mengajukan perpanjangan waktu 60 hari bagi pekerjanya.

Permohonan perpanjangan kontrak pekerja migran dengan majikan mereka saat ini telah tersedia secara online sejak bulan Juli. Proses persetujuan untuk aplikasi online memakan waktu maksimal tujuh hari, yang secara signifikan mempercepat prosedur dan mengurangi biaya pengiriman.

Menurut data MOL, hampir 85 persen dari semua kasus pekerja migran pada bulan September ditangani secara online. Para majikan dapat mengakses sistem online berbahasa China melalui link berikut:

https://fwapply.wda.gov.tw/efpv/wSite/Control?function=IndexPage

(YLA, 03/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki