Berita > Ekosospol
KDEI Taiwan Gelar Hajatan Nikah Massal
24 Oct 2017 22:00:37 WIB | Yully Agyl | dibaca 3146
Ket: Enam pasangan pengantin nikah massal di KDEI
Foto: Dok. Pri/ Ryan
Taipei, LiputanBMI - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan kembali mengadakan acara Nikah Massal untuk WNI yang berada di Taiwan, di gedung KDEI, lantai 6, No. 550, Jln. Rui Guang, Distrik Neihu District, Taipei, Minggu (22/10/2017).

Nikah massal di Taiwan, pertama kali diadakan tahun 2015, kini semakin diminati oleh WNI di Taiwan terutama para tenaga kerja Indonesia baik formal maupun infromal.

Pernikahan massal tahun ini diikuti oleh enam pasangan pengantin dan berjalan cukup lancar. Bahkan menurut informasi, pendaftar mencapai 14 pasang calon pengantin, tetapi pihak KDEI sebagai penyelenggara membatasi peserta hanya untuk enam pasangan saja.

Acara dihadiri oleh kepala KDEI Taiwan, Robert James Bintaryo, wakil kepala KDEI Taiwan, Siswadi T. Sibero dan beberapa staf serta beberapa warga negara Indonesia yang ada di Taiwan baik yang telah menjadi warga negara Taiwan, mahasiswa dan pekerja.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dalam pernikahan massal tersebut, pihak KDEI memberlakukan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi oleh calon peserta.

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi dua bulan sebelum acara dilaksanakan:

- Copy surat pengantar nikah dari lurah dan KUA peserta (sesuai dengan alamat yang tertera di KTP peserta) sebanyak 3 lembar.
- Copy passport dan ARC sebanyak 3 lembar.
- Copy KTP dan KK (kartu keluarga) sebanyak 3 lembar.
- Pas photo berwarna ukuran 2x3 sebanyak 6 lembar (warna latar belakang bebas).
- Asli dan Copy surat akta cerai / kematian (bagi janda/duda).
- Asli dan copy Surat Wakil Wali bermaterai Rp. 6000 (jika wali nikah tidak dapat hadir saat pelaksaan akad nikah).
- Asli surat keterangan menikah yang dikeluarkan oleh Imam Masjid di Taiwan (bagi yang sudah menikah secara syar'i dan ingin dicatatkan di KDEI).

Persyaratan harus ada seperti yang tercantum di atas dan sesuai dengan identitas diri peserta.

Selain menyediakan tempat di aula gedung KDEI Taiwan lantai 6, pihak KDEI juga menyediakan kado untuk pasangan peserta pengantin, hongpao berupa uang tunai, emas, dan bingkisan. Selain itu juga menyediakan makanan berupa menu masakan khas Indonesia untuk merayakan hari bersejarah mereka, juga untuk para undangan dan tamu yang hadir di hari itu.

Pewarta: Ryan Ferdian

(YLA/RED, 24/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki