Berita > Seputar TKI
WNI di Malaysia: Urus Paspor via On Line di KBRI Lebih Mudah dan Cepat, Tapi …
11 Oct 2017 22:02:00 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 3957
Ket: Dewi Harwati
Foto: Dewi
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Terobosan baru dalam layanan perpanjangan paspor di KBRI Kuala Lumpur melalui pendaftaran secara on line mendapat apresiasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia. Dengan program ini, proses perpanjangan paspor dinilai lebih mudah dan cepat.

Meski demikian, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, baik oleh WNI itu sendiri maupun KBRI Kuala Lumpur, seperti penuturan Dewi Harwati, WNI asal Jogjakarta yang mengurus perpanjangan paspor via on line pada Senin (2/10) lalu.

“Agar tidak menunggu terlalu lama, sebaiknya kita datang ke KBRI pada jam yang sudah kita tentukan. Pada saat mendaftar secara on line, kita kan memilih sendiri hari dan jam kedatangan. Kalau kita memilih datang pukul 3 atau 4 sore, ya jangan datang pagi biar gak nunggu lama,” kata Dewi.

Menurut Dewi, sejak pendaftaran on line dibuka, masih banyak pemohon yang mengeluhkan soal antrean. Padahal, kata Dewi, mereka datang terlalu awal, sehingga harus menuggu pelayanan sesuai dengan jam yang ditentukan.

“Kemarin saya scan sendiri barcode untuk ambil nomor antrean dan gak sampai 10 menit sudah dipanggil. Ada konter khusus yang melayani pendaftar on line, sepertinya masih sepi,” katanya.

Terkait konfirmasi pendaftaran on line yang dilayani KBRI Kuala Lumpur melalui surat elektronik atau email, Dewi menilai hal tersebut kurang efektif karena tidak semua orang paham email.

Dewi yang saat ini menjabat Bendahara Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Malaysia tersebut berharap kedepannya nanti KBRI Kuala Lumpur bisa melayani konfirmasi pendaftaran on line melalui nomor telepon.

“Agar layanan ini bisa diikuti oleh semua warga kita di sini, kedepannya nanti untuk konfirmasi pendaftaran sebaiknya cukup melalui nomor telepon atau WhatsApp,” harapnya.

Dalam rangka meningkatkan layanan terhadap warga, KBRI Kuala Lumpur telah membuka pendaftaran pengurusan perpanjangan paspor melalui on line sejak awal Oktober lalu. Dalam sosialisasinya, KBRI Kuala Lumpur menyebutkan program ini dinilai praktis, mudah, dan cepat.

Selain itu, pemohon tidak perlu khawatir kehabisan nomor antrean dan tidak perlu berdesakan dalam antrean panjang seperti yang terjadi selama ini karena bisa menentukan sendiri hari dan jam kedatangan ke KBRI.

Untuk mendaftar, sila klik: DAFTAR PASPOR ONLINE KBRI KUALA LUMPUR
(FK, 11/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki