Berita > Ekosospol
Tertibkan Dekrit, Raja Salman Izinkan Wanita Saudi Mengemudi Mulai 2018
27 Sep 2017 05:40:39 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 6714
Ket: Raja Salman
Foto: google
Jeddah, LiputanBMI - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz akhirnya mengizinkan wanita untuk mengemudi melalui dekrit yang baru saja dikeluarkannya. Hal itu merupakan serangkaian reformasi sosial dan ekonomi yang sedang berlangsung di Arab Saudi.

"Keputusan kerajaan tersebut akan menerapkan peraturan lalu lintas, termasuk penerbitan izin mengemudi untuk pria dan wanita," kata Saudi Press Agency (SPA) sebagaimana dilansir Arab News, Rabu (27/9).

Dekrit sang raja memerintahkan pembentukan sebuah badan menteri untuk memberikan masukan dalam 30 hari dan untuk memastikan pelaksanaan sepenuhnya pada bulan Juni 2018. Kabar gembira bagi perempuan ini telah diumumkan diberbagai televisi dan juga oleh Kementerian Luar Negeri Saudi.

Keputusan tersebut mengacu pada "efek negatif dari tidak membiarkan perempuan mengemudi kendaraan, dan dampak positif yang dibayangkan memungkinkan mereka melakukannya" dalam konteks hukum Islam.

Larangan tersebut dianggap sebagai isu sosial di Arab Saudi, karena tidak ada hukum aktual atau perintah agama yang melarangnya.

Selama bertahun-tahun, topik tersebut menjadi pusat perdebatan ekstensif di kalangan pemerintah, media dan sosial.

Duta Besar Arab Saudi untuk AS, Pangeran Khaled bin Salman, menggambarkan keputusan mengizinkan wanita mengemudi sebagai "langkah besar." Bukan hanya perubahan sosial, menurutnya hal itu merupakan bagian dari reformasi ekonomi.

"Kepemimpinan kami percaya inilah saat yang tepat untuk melakukan perubahan ini karena di Arab Saudi, kami memiliki masyarakat terbuka yang dinamis," katanya.

Duta Besar tersebut mengatakan bahwa wanita tidak perlu mendapatkan izin dari petugas hukum untuk mendapatkan lisensi. Lebih jauh lagi, jika seorang wanita memiliki SIM di negara lain di Dewan Kerjasama Teluk (GCC), dia diizinkan pergi ke Arab Saudi.
(IYD/RED, 27/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki