Berita > Sosok
Ustad asal Indonesia Jadi Khatib dan Imam Shalat Jumat di Makkah
15 Sep 2017 18:37:37 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1478
Ket: Abu Muslim
Foto: KUH
Makkah, LiputanBMI - Ada pemandangan yang tidak biasanya di sebuah Masjid di distrik Shisha, Makkah. Seorang ustad asal Indonesia menjadi khatib sekaligus Imam shalat Jumat.

Masjid yang sering dipenuhi jemaah haji asal Indonesia tersebut tidak memiliki nama, namun Masjid tersebut dibangun oleh pemilik hotel Yakub nomor 601 yang ditempati jemaah haji asal Indonesia. Masjid ini berjarak sekitar 400 meter dari Wisma Haji Daerah Kerja Makkah.

Adalah Ustad Riko (32) asal Padang, Sumatera Barat yang menjadi khatib sekaligus Imam shalat Jumat siang tadi, (15/9). Dalam khutbahnya, Ustad yang akrab disapa Abu Muslim itu menerangkan berbagai nikmat yang diberikan Allah dan cara mendapatkannya. Dalam shalat yang diikuti ratusan makmum itu, Abu Muslim membacakan surat Al A'la dan Al Ghashiyah.

Kehadiran Abu Muslim diundang langsung oleh Imam Masjid Abu Kallam. Dia mengaku mengundang Abu Muslim untuk menjadi Khatib sekaligus Imam karena Masjid tersebut sering dipenuhi jemaah haji asal Indonesia.

"Tadi pagi saya telepon Abu Muslim agar mau jadi Imam di sini. Kalau setiap harinya saya yang jadi Imam," terang Abu Kallam sebagaimana dikutip dari kantor urusan haji.com

Abu Muslim adalah salah satu penerjamaah di Islamic Centre yang sudah 3 tahun menetap di Makkah. Pria lulusan Al Azhar, Cairo ini sering mengisi pengajian masyarakat Indonesia. Dia juga sering melakukan kunjungan ke Tarhil Sumayshi (Karantina Imigrasi) untuk memberikan ceramah kepada WNI/TKI overstayer yang ditahan dan akan dideportasi oleh Imigrasi Arab Saudi.
(IYD, 15/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki