Berita > Ekosospol
Berdayakan TKI Bermasalah, KBRI Kuala Lumpur Luncurkan Program 'Saya Mau Sukses'
12 Sep 2017 20:58:47 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1135
Ket: Dubes Rusdi Kirana bersama TKIB saat peluncuran program
Foto: KBRI KL
Kuala Lumpur, LiputanBMI - KBRI Kuala Lumpur meluncurkan program Saya Mau Sukses yang merupakan rangkaian pelatihan keterampilan yang secara khusus diberikan kepada Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) yang saat ini berada di rumah pelindungan sementara (shelter) KBRI, Senin (11/9/2017).

Dalam rilis yang diterima redaksi LiputanBMI, Senin (11/9), KBRI Kuala Lumpur menyebutkan, program yang diprakarsai oleh Duta Desar Rusdi Kirana tersebut bertujuan untuk memberikan modal keterampilan kepada TKIB dengan harapan mereka akan menjadi enterpreneur Usaha Kecil Menengah (UKM) dan mampu menciptakan lapangan kerja, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain setelah pulang ke tanah air nanti.

Lebih lanjut disebutkan, upaya penyelesaian TKIB selama ini dilakukan melalui program repatriasi yang merupakan solusi sesaat bagi penyelesaian masalah yang mereka hadapi di Malaysia. Setelah TKIB pulang ke Indonesia, bisa menjadi awal masalah berikutnya.

Tanpa modal dan keterampilan, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi ke luar negeri menjadi pekerja informal dan mengulangi siklus yang sama, tanpa ada solusi permanen. Dalam upaya menghentikan siklus inilah, Dubes Rusdi Kirana mencetuskan program ini.

Untuk tahap awal, 25 TKIB telah mendapatkan pelatihan menjahit dan membuat souvenir. Sementara 10 orang lainnya mendapat pelatihan memijat tradisional. Dalam menjalankan program ini, KBRI Kuala Lumpur bekerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handycraft Indonesia (ASEPHI) dan Cemaya Ayu Snd.Bhd untuk pelatihan memijat tradisional.

Pasca pelatihan, peserta yang memiliki potensi akan disalurkan ke sentra-sentra UKM yang memproduksi souvenir dan/atau disalurkan ke daerah wisata yang memerlukan keterampilan mereka. Untuk pemodalan usaha, penyaluran, dan pemasaran produk, serta penyaluran keterampilan mereka, KBRI Kuala Lumpur akan menjalin kerja sama dengan bank dan pengusaha di tanah air.

Berikut ini video peluncuran program ‘Saya Mau Sukses’ ;




(FK, 12/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki