Berita > Seputar TKI
Rp 37 Juta Melayang, TKI di Taiwan Tertipu Cowok Dumay
12 Sep 2017 17:01:07 WIB | Yully Agyl | dibaca 12518
Ket: Pelaku penipuan (kiri). Bukti transfer (kanan).
Foto: TY/dokpri
Taichung, LiputanBMI -

Tidak bisa menyalahkan, bila seseorang sedang jatuh cinta apapun bisa dilakukan, termasuk berkorban demi yang dicintainya. Demikian pula yang dilakukan TY, TKI di Taiwan asal Sukabumi, yang harus merelakan uang hasil jerih payahnya senilai Rp 37 juta musnah oleh lelaki dumay yang dikenalnya dan sudah terlanjur dipercayai.

TY baru 19 bulan bekerja di Changhwa, Taiwan. Dia mengenal pelaku di facebook sekitar tujuh bulan yang lalu. Pelaku yang memperkenalkan diri sebagai pegawai honorer sebuah instansi, memanfaatkan keluguan TY.

"Aku kenal sekitar tujuh bulan dan total uang yang sudah aku transfer Rp 37 juta. Awalnya tidak punya pikiran macam-macam. Namanya juga terlanjur cinta. Apalagi waktu video call, ya orang yang sama dengan di facebook. Jadi percaya begitu saja," ungkap TY kepada LiputanBMI, Rabu (12/9/2017).

Menurut TY, modus yang digunakan pelaku untuk mendapatkan uang dari TY adalah sebagai biaya proses pengangkatan status kerja, agar pelaku bisa menjadi PNS dengan iming-iming guna masa depan mereka berdua.

TY mulai merasa dirinya diperalat ketika pelaku yang mengunakan akun Fb Alfian Syah itu terus-menerus hanya uang ditanyakan.

"Ini adalah pengalaman yang menyakitkan, semoga teman-teman bisa lebih berhati-hati kalau kenal cowok walau di dunia nyata sekalipun. Untuk yang sudah menipu aku, semoga insaf. Aku dah gak mau peduli, walau dia ancam-ancam mau bunuh diri segala,"pungkas TY.
(YLA, 12/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki