Berita > Ekosospol
Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia Imbau Suporter Timnas Tak Terpancing Provokasi
25 Aug 2017 18:45:56 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1891
Ket: bendera raksasa yang dibentangkan Aliansi Suporter ketika mendukung Timnas
Foto: Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Menjelang laga semifinal antara Timnas Indonesia U-22 melawan tuan rumah Malaysia di ajang SEA Games 2017, Sabtu (26/8) besok, Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia mengimbau pendukung Timnas agar tidak mudah terpancing provokasi.

Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia merupakan gabungan dari berbagai elemen suporter dan para WNI yang saat ini berada di Malaysia.

Pertandingan yang akan dihelat di Stadion Shah Alam itu diperkirakan akan menjadi laga krusial yang penuh emosi terutama bagi pendukung kedua tim akibat isu tak sedap sebelum ini.

Salah satu koordinator Aliansi, Agus Purwanto meminta pendukung Tim Garuda Muda agar tidak memprovokasi dan tidak terpancing provokasi suporter lawan.

"Jangan mudah terprovokasi dengan apapun yang dilakukan oleh suporter lawan. Ingat, tujuan kita datang ke stadion adalah untuk mendukung perjuangan Timnas. Bukan untuk mencari musuh atau mencari gara-gara yang bisa berujung keributan," imbau Agus, Jumat (25/8)

Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Agus juga berpesan kepada suporter Indonesia agar tidak berpencar-pencar.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan berpencar-pencar, apalagi sendirian. Jangan mendekat ke arah kerumunan suporter Malaysia, baik sebelum atau sesudah pertandingan," tegasnya.

TKI asal Madiun, Jawa Timur tersebut berharap suporter Indonesia mendukung timnas dengan tertib.

"Jangan ada kata-kata rasis maupun aksi-aksi negatif lainnya, seperti melempar botol ke dalam lapangan, apalagi sampai merusak fasilitas umum," harapnya.

Ia meminta suporter Timnas bisa menjaga nama baik Indonesia dengan memberikan dukungan secara benar.

"Dan pesan yang tak kalah penting adalah, mari bersatu dukung Timnas Indonesia. Tinggalkan ego kedaerahan. Tinggalkan atribut kalian. Kita merahkan Stadion Shah Alam. Pakai warna kebesaran merah kita. Karena kita bakal kalah jumlah dengan suporter tuan rumah, maka kita perlu bersatu," katanya.

Seusai pertandingan, Agus mengajak suporter Timnas yang tergabung dalam Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia untuk membantu mengumpulkan sampah seperti aksi di pertandingan-pertandingan sebelumnya.

"Jangan lupa setelah pertandingan selesai, kita kutip sampah dan kita kumpulkan seperti di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Kita ingin suporter kita yang tergabung didalam Aliansi suporter Indonesia di Malaysia ini bisa memberikan contoh yang baik untuk semua suporter di mana pun berada," pungkasnya.


(FK, 25/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki