Berita > Seputar TKI
Tadinya Demi Gaya, TKI di Singapura Malah Masuk Penjara
07 Aug 2017 22:52:15 WIB | Yully Agyl | dibaca 6977
Ket: Ilustrasi
Foto: Google
Singapura, LiputanBMI - Seorang pekerja Indonesia mencuri jam tangan wanita merk Chopard seharga $ 35.000, tas kulit ular Celine seharga $ 7.500 dan dompet kulit Hermes seharga $ 10.000 dari majikannya yang seorang pengusaha wanita.

Pelaku mengira perbuatannya tidak diketahui. 11 Bulan kemudian, dia memajang foto dirinya dan memamerkan barang curian tersebut di Instagram, ketika telah pindah kerja pada keluarga lain di Singapura.

Majikan sebelumnya, Lisa Lee (32), mengetahui hal itu dari saudaranya dan memberi tahu polisi.

Siti Nur Sopiyati (32), ditangkap pada Senin (7/8). Dia dijatuhi hukuman 12 bulan penjara setelah mengaku melakukan pencurian tersebut. Selain jam tangan, tas tangan dan dompet, dia juga mencuri kaus hitam seharga $ 150 dan sebuah cincin emas dengan berlian seharga $ 1.800 dari apartemen Lee di Nassim Hill, pada Januari 2016.

Sebagaimana dilansir The Straits Times, Senin (7/8/2017), Asisten Kejaksaan, Inspektur Kevin Lee Ming Woei, mengatakan bahwa Siti, yang bekerja untuk Madam Lee dari tahun 2013 sampai Maret 2016, mencuri lima barang sekaligus seharga $ 54.450, dari lemari pakaian majikannya saat dia membersihkan kamar tidur utama.

Dia menyembunyikan di dalam kamarnya, kemudian meminta wanita Indonesia lain untuk membantunya mengirim ke Indonesia.

Lee mengetahui bahwa beberapa barang berharga miliknya hilang pada Maret 2016 dan suaminya melapor polisi. Dia menduga Siti atau pekerja rumah tangga Indonesia lainnya yang juga bekerja di rumah tersebut telah mencuri barang itu.

Tetapi tidak ada barang bukti yang ditemukan pada mereka berdua dan Lee tidak ingin melanjutkan masalah itu. Kedua pekerja rumah tangga dikirim kembali ke agen mereka dan akhirnya kembali ke Indonesia.

Pada Mei 2016, Siti kembali bekerja pada rumah tangga lain. Dia membawa barang-barang yang telah dicuri dari Lee karena dia ingin menggunakannya.

Beberapa waktu di bulan November 2016, pelaku memposting foto dirinya dengan barang curian di halaman Instagram-nya. Adik perempuan Lee melihat foto-foto itu.
(YLA, 07/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki