Berita > Seputar TKI
Mengidap Penyakit, 2 TKI Terpaksa Dipulangkan Dari Jeddah
02 Aug 2017 19:12:12 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 2776
Ket: Dua TKI dipulangkan dari Jeddah karena sakit
Foto: Detikcom
Jeddah, LiputanBMI - Dua orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Tina dan Aat terpaksa dipulangkan dari Arab Saudi. Keduanya diterbangkan kembali ke tanah air karena menderita sakit.

Tina dan Aat dipulangkan menggunakan maskapai Saudia dengan nomor penerbangan SV 816 . Mereka telah mendarat pada Selasa (1/8) dan diserahkan ke Perwakilan Direktorat PWNI dan BHI, Kemenlu, sebelum dipulangkan ke daerah asal.

"Tina asal Majalengka dilaporkan Rumah Sakit Raja Fahad dirawat sejak Maret 2017 dan sempat diisolasi karena mengidap penyakit menular hepatitis B, sedangkan anaknya dititipkan ke salah satu WNI dan tetap melanjutkan pendidikannya di kelas III, Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) selama ibunya dirawat," kata pelaksana fungsi konsuler KJRI Jeddah, Fadhly Ahmad, dalam keterangan tertulis sebagaimana dilansir Detikcom, Rabu (2/8/2017).

Kondisi berbeda dialami oleh Aat. Dia menderita stroke sejak sejak 5 bulan terakhir.

"Penanganan Aat terkendala minimnya informasi pribadi yang bersangkutan karena harus menunggu kondisinya membaik untuk berkomunikasi. Karena menunggu Aat mampu berbicara lama kami terus mencari keterangan dari orang-orang terdekat sampai akhirnya Alhamdulillah dapat keterangan dari orang-orang yang tinggal bersamanya di sini tentang asal usul Aat dan kontak keluarganya," lanjut Fadhly.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh KJRI dari keluarga Aat, TKI tersebut diketahui sudah meninggalkan Indonesia sejak 7 tahun lalu. Dia juga putus kontak dengan keluarga selama 5 tahun terakhir.

"KJRI Jeddah tidak pernah mengendur dalam urusan penangan WNI, meski sudah masuk musim haji, konsentrasi pelayanan regular kami upayakan terus berjalan," kata Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah Mohamad Hery Saripudin dalam keterangan yang sama.


(JWD, 02/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki