Berita > Ekosospol
Biaya Bulanan Bagi Ekspatriat di Saudi Berlaku Bulan Ini
03 Jul 2017 04:24:34 WIB | Adi Winarto | dibaca 6215
Ket: tax freepic
Foto: Dok. Pri
Dammam, LiputanBMI - Setelah Dewan Menteri Arab Saudi menyetujui Program Perimbangan Keuangan pada Desember 2016 yang lalu, maka mulai bulan Juli 2017 tagihan pembiyaan bulanan kepada warga asing di Arab Saudi mulai diimplementasikan. Meski dalam 6 bulan terakhir ini berbagai media elektronik dan cetak memuat rencana tersebut, tidak sedikit yang masih mempertanyakan antara benar tidaknya kebijakan baru yang dianggap memberatkan.

Arab News edisi online pada hari Minggu (2/7) mengutip Departemen Imigrasi di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, memastikan bahwa tanggungan bulanan tersebut akan ditagihkan saat pengajuan visa exit/re-entry dan pembaruan Kartu Tanda Mukim (Iqomah).

Meskipun demikian, pembayaran fee bulanan tersebut dapat dilunasi melalui ATM atau online bank setelah ada penambahan fitur terbaru dari bank.

Pada tahun 2017 ini, kepala keluarga ekspatriat yang membawa serta istri, anak, orang tua, atau mertua, tinggal di Arab Saudi akan dikenai biaya masing-masing sebesar SR 100/bulan. Biaya tersebut akan bertambah dua kali lipat pada tahun-tahun berikutnya, SR 200/bulan pada 2018, kemudian bertambah SR 300/bulan pada 2019, hingga tahun 2020 biaya yang dikeluarkan menjadi SR 400/orang.

Khusus untuk pekerja domestik, pekerja rumahan sebagai sopir pribadi ataupun pembantu rumah tangga, jika sponsornya warga Arab Saudi, maka tidak akan dikenakan biaya tersebut.
(JLL/RED, 03/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki