Berita > Seputar TKI
Pendaftar Amnesti Meninggal Setelah Dapatkan Exit Permit
21 Jun 2017 10:51:59 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 2706
Ket: ilustrasi jenazah
Foto: Google
Riyadh, LiputanBMI - Tidak ada yang dapat memastikan kapan ajal tiba, begitulah maut harus menjemput seorang ekspatriat ilegal yang telah mendaftarkan diri di program amnesti 2017. Almarhum meninggal sehari sebelum kepulangan yang telah dijadwalkan.

Sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Rabu 21 Juni 2017, almarhum adalah Sangi Yellaih (44), penduduk asli Desa Jagtial, sebuah wilayah di Telaba, India bagian selatan. Dia bekerja sebagai tukang batu, tetapi belakangan ini menganggur karena sektor kontruksi melambat di berbagai wilayah Arab Saudi.

Berdasarkan penuturan pihak keluarga, tidak mudah untuk Yellaih meninggalkan Arab Saudi. Berkali kali dia mencoba menyerahkan diri tetapi tidak pernah ditangkap dan diproses pihak otoritas Saudi. Yellaih diketahui telah dilaporkan majikannya ke Jawazat (Imigrasi) melarikan diri.

Namun Bapak dua anak ini akhirnya mendapatkan angin segar setelah Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad bin Naif mengumumkan program amnesti 90 hari kepada ekspatriat ilegal untuk pulang secara mandiri dan dibebaskan dari denda dan balcklist (daftar hitam).

Yellaih pun akhirnya mendaftarkan diri untuk mengajukan dokumen perjalanan ke Kedubes India dan telah mendapatkan exit permit dari Imigrasi Saudi pada tanggal 29 Mei 2017. Namun dia ditemukan sudah tak bernyawa sehari sebelum kepulangannya di sebuah kendaraan di pinggiran kota Riyadh.

Jenazahnya saat ini masih disemayamkan di sebuah rumah sakit di kota Riyadh. Berdasarkan hasil investigasi pihak kepolisian, almarhum meninggal karena serangan jantung. Dalam istilah medis dikenal dengan sindrom Takotsubo atau TTS, kegembiraan atau kesedihan yang berlebihan dapat memicu serangan jantung

Kedubes India mengatakan baru bisa memulangkan jenazahnya setelah mendapatkan dokumen yang dibutuhkan dari pihak keluarga.
(IYD, 21/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki