Berita > Ekosospol
Permohonan Perpanjangan Kontrak Pekerja Migran di Taiwan, Bisa Secara Online
07 Jun 2017 07:47:17 WIB | Yully Agyl | dibaca 1520
Ket: ilustrasi
Foto: CNA Taiwan

Taipe, LiputanBMI - Permohonan perpanjangan kontrak pekerja migran, mulai sekarang (6 Juni 2017), dapat dilakukan secara online. Kementerian Tenaga Kerja Taiwan (MOL) mengatakan sistem baru ini sebagai proses yang lebih efisien.

Yang dibutuhkan dalam sistem ini adalah, agar para majikan masuk ke situs web yang dikelola oleh Badan Pengembangan Tenaga Kerja MOL, melengkapi formulir aplikasi dan membayar biaya.

Layanan online 24 jam mengurangi waktu pemrosesan, menghilangkan keperluan untuk mengajukan aplikasi kertas ke MOL selama jam kerja kantor pemerintah, dan memotong bagian dari proses yang memerlukan persetujuan untuk dikirim ke pemohon.

Sebagaimana dilansir CNA Taiwan, Selasa (6/6/2017), permohonan perpanjangan kontrak pekerja migran secara online adalah layanan MOL terbaru, setelah kementerian tersebut memperkenalkan aplikasi elektronik untuk mempekerjakan pekerja migran, ijin kerja untuk pekerja asing kerah biru, dan laporan tentang keberangkatan, kedatangan dan absensi pekerja migran.

Sejak Juli tahun lalu, saat aplikasi online untuk mempekerjakan pekerja kerah biru asing mulai berlaku, 60 persen dari total jumlah aplikasi telah dibuat secara online.

Di Taiwan, pengusaha korporat di sektor manufaktur dan industri perikanan diizinkan untuk mempekerjakan pekerja migran. Sementara institusi dan kategori tertentu dari individu berhak mempekerjakan pengasuh asing dan pembantu rumah tangga.

Saat ini, ada 600.000 pekerja migran di Taiwan, 251.103 di antaranya berasal dari Indonesia yang merupakan sumber tenaga kerja asing terbesar.
(YLA, 07/06)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh