Berita > Seputar TKI
Akan Beri Hadiah untuk Keluarga, TKI ini Malah Tertipu Olshop
01 Jun 2017 18:51:23 WIB | Yully Agyl | dibaca 2142
Ket: Foto transaksi transfer di mesin ATM (kiri). SS Akun BBM pelaku penipuan (kanan).
Foto: Dokpri SF

Dubai, LiputanBMI - Niatnya memberi kejutan hadiah kepada keluarga di kampung halaman (Indonesia - red), TKI di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) justru tertipu penjual online (olshop).

Perempuan berinisial SF itu sebenarnya mulai menaruh curiga ketika selesai melakukan transaksi pembayaran, masih dimintai uang tambahan sebagai jaminan.

"Jumlah uang sesuai harga barang dan ongkos kirim sudah ditransfer oleh keluargaku. Katanya, 3 - 4 hari setelah uang pembayaran masuk rekening, barang dikirim.

Tetapi anehnya, kok dimintai lagi uang jaminan pengiriman barang oleh ekspedisi. Dari situ aku mulai curiga. Apalagi, ketika aku minta foto resi pengiriman, mereka selalu berkelit," ungkap SF kepada LiputanBMI, Rabu (31/5/2017).

Beberapa bulan sebelumnya, olshop tersebut yang me-invite BBM SF. Awalnya, ia tidak tertarik untuk membeli barang, tetapi akhirnya mencoba bertanya karena dilihatnya olshop tersebut gencar melakukan promosi.

Olshop tersebut diketahui SF memakai nama CAESAR PHONE BALI di akun BBM-nya. Sementara rekening penerima atas nama Irma Lisa, BRI 5716-01-019349-534.

Ketika memutuskan untuk memesan barang, SF pun tidak menaruh curiga, karena memang olshop di Indonesia harus membayar dulu baru dikirim barangnya.

"Harga barang dan ongkirnya Rp 1.600.000, sudah lunas. Ehh ... minta lagi tambahan Rp 800.000, yang katanya untuk jaminan. Karena saya tidak memberi, malah kontak BBM-nya hilang. Sepertinya saya diblokir. Semoga teman-teman lebih berhati-hati membeli barang secara online. Karena banyak penipu berkedok olshop, apalagi dengan cara pembayaran di awal," pungkas SF.



(YLA, 01/06)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh