Berita > Seputar TKI
Warga Saudi 'Googling' Cari PRT Untuk Bulan Ramadhan
29 May 2017 06:44:45 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 3379
Ket: ilustrasi
Foto: LBMI
Jeddah, LiputanBMI - Beberapa jam menjelang bulan Ramadhan, mesin pencari Google (Google Search) mendokumentasikan sebanyak 467.000 halaman yang memuat kalimat "mencari pembantu di Saudi," dan 257.000 halaman dengan kata-kata "transfer sponsor pembantu rumah tangga" serta "bantuan domestik untuk disewa selama satu bulan."

Hal ini menunjukkan perkembangan pasar gelap dalam perekrutan PRT secara online. Biaya untuk transfer sponsor melonjak dari SR15.000 menjadi SR35.000. Perbedaan biaya juga ditentukan berdasarkan kebangsaan PRT.

Peningkatan permintaan PRT di bulan Ramadhan juga berdampak pada kenaikan upah yang diminta dari mulai SR 25 hingga SR 40 perjam. Perbedaan upah dihitung berdasarkan jumlah anggota keluarga dan luas ukuran rumah.

Diperkirakan bahwa beberapa pembantu rumah tangga ini berpenghasilan antara SR8, 000 dan SR9.000 pada bulan Ramadhan.

Sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Sabtu (29/5), seorang pengacara wanita Saudi Najwa Filimban mengatakan bahwa iklan tersebut merupakan perdagangan manusia yang dilarang oleh undang-undang Saudi.

Najwa Filimban menilai iklan transfer sponsor atau sponsor yang mengizinkan pembantu rumah tangga mereka bekerja untuk orang lain dengan target biaya, serupa dengan perbudakan.

Menurutnya, mereka yang memasang iklan tersebut dapat dipenjara maksimal 15 tahun dan/atau didenda SR1 juta.
(IYD, 29/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki