Berita > Seputar TKI
151 TKI Kilang Walet akan Dipulangkan Dalam Tiga Gelombang
23 May 2017 21:04:04 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1648
Ket: TKI Kilang Walet ketika dikunjungi pegawai KBRI KL beberapa waktu yg lalu
Foto: pic.twitter KBRI KL

Kuala Lumpur, LiputanBMI - Sebanyak 151 TKI kilang walet yang ditahan sejak Maret lalu setelah tempat kerja mereka digerebek pihak berwenang Malaysia karena diduga mengeksploitasi pekerjanya, dipastikan akan segera dipulangkan.

Ketua Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur, Yusron B Ambary mengatakan, proses pemulangan mereka dibagi dalam tiga gelombang, yakni tanggal 24, 25, dan 26 Mei 2017.

“Tanggal 24, 25 dan 26 Mei ini akan dipulangkan secara bergelombang, dengan jumlah total 151 orang,” jelas Yusron ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Selasa (23/5).

Dalam proses pemulangan tersebut, kata Yusron, pihak PT perekrut akan menyiapkan bus untuk mengantar para TKI dari Jakarta ke daerah masing-masing.

“PT siapkan bus untuk mengantar anak-anak ke daerah. Jadi, keluarga tidak perlu menjemput ke Jakarta. Cukup menunggu di rumah,” katanya.

Baca: Selesai Jalani Sidang, 151 TKI Kilang Walet akan Segera Dipulangkan

Sementara Sucyana, salah satu keluarga TKI warga Desa Cilopadang, Kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah mengaku, hingga saat ini yang menjadi keresahan keluarga adalah terputusnya komunikasi sejak mendengar kabar adiknya ditahan di Malaysia pada 28 Maret lalu.

“Saat ini yang masih menjadi keresahan keluarga kenapa kok anak- anak belum bisa dihubungi padahal proses sidang sudah selesai,” ungkapnya melalui pesan singkat.

Meski demikian, kata Lucyana, ia bersyukur karena sudah mendapat kepastian adiknya akan segera dipulangkan.

“Semoga proses pemulangannya lancar. Kalau bisa kami ingin anak-anak secepatnya menghubungi keluarga agar kami yang di rumah merasa tenang karena sudah mendengar suaranya,” harapnya.




(FK, 23/05)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh