Berita > Seputar TKI
Niat Nolong, TKI Asal Lumajang Terancam Dilaporkan Pihak RS King Fahd
23 May 2017 15:14:39 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 4360
Ket: RS King Fahd
Foto: Google
Jeddah, LiputanBMI - Perasaan gelisah tengah dirasakan Khairudin Hadi TKI asal Lumajang, Jawa Timur setelah mendapatkan tagihan biaya dari RS King Fahd sebesar SR 23.600 atau setara Rp 82.600.000. Pria yang sudah 8 tahun bekerja di Jeddah ini mengaku mendaptkan tagihan tersebut karena membantu memasukkan WNI overstayer yang sakit.

"Yang sakit ini istrinya teman, saya hanya niat mau menolong karena teman saya tidak punya iqamah (resident identity)," ujarnya kepada LiputanBMI, Senin (22/5).

Khairudin menjelaskan, ketika memasukkan pasien, pihak rumah sakit meminta uang sebesar SR 5.000 atau setara Rp 17.500.000. Namun ia mengaku tak menyangka jika akan ada tagihan susulan setelah pasien keluar.

"Pasien dirawat satu bulan lebih dan pernah menjalani operasi satu kali. Ketika pasien kita bawa keluar, pihak rumah sakit tidak meminta lagi biaya tambahan, hanya saja saya disuruh tandatangan dan sidik jari," paparnya.

Khairudin pun kini diberi waktu satu minggu untuk melunasi biaya yang diminta pihak rumah sakit. Jika tidak, dirinya terancam akan dilaporkan kepada pihak berwajib sehingga ia bisa dicekal untuk keluar dari Arab Saudi.

Menanggapi masalah tersebut Kepala Kanselerai KJRI Jeddah, Rahmat Aming mengimbau masyarakat agar tidak sembarang menandatangani berkas yang tidak dipahami. Menurutnya, niat menolong yang diikuti ketidaktahuan bisa terjerat kasus hukum.

"Jangan mau tandatangan surat apapun yang isinya kita tidak faham," katanya saat dikonfirmasi LiputanBMI.

Terkait masalah tersebut, KJRI Jeddah menurut Aming, akan berusaha membuatkan surat pengantar kepada pihak RS King Fahd untuk menjelaskan duduk perkara dan meminta agar dibebaskan dari beban biaya yang ditanggungkan.

"Khairudin ini kan niatnya nolong, ya mudah-mudahan saja bisa dengan surat dari KJRI Jeddah," pungkasnya.
(IYD, 23/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki