Berita > Seputar TKI
BMI di Hong Kong Kecewa Karena Tak Berhasil Serahkan Petisi ke Jokowi
01 May 2017 23:28:30 WIB | Linda Puspita | dibaca 1545
Ket: Eni Lestari JBMI
Foto: LBMI
Hongkong, LiputanBMI - Buruh Migran Indonesia di Hong Kong mengaku kecewa karena tidak berhasil menyerahkan petisi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Temu Kangen yang berlangsung di gedung Asia World Expo, Hong Kong, Minggu (30/4/2017).

Padahal, dua perwakilan mereka, aktivis Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) Eni Lestari Andayani dan Ketua Aliansi Migran Internasional (IMA) Muthi Hidayati sudah maju mendekati panggung ketika Presiden Jokowi membuka sesi dialog.

Bahkan, petisi yang berisi keluhan dan permintaan ribuan BMI agar Jokowi bisa membantu mereka malah dirampas oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Aktivis JBMI, Eni Lestari mengatakan, Jokowi seharusnya memberikan perhatian lebih terhadap BMi di Hong Kong. Bagaimanapun, kemenangan Jokowi di Hong Kong pada pilpres 2014 lalu juga karena buruh migran.

“Kami merasa sangat kecewa. Pak Jokowi sebenarnya kami harapkan lebih memperhatikan buruh migran di Hong Kong. Apalagi dalam pilpres dulu di Hong Kong Pak Jokowi menang juga karena buruh migran,” katanya ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Minggu (30/4).

Untuk itu, lanjutnya, Jokowi seharusnya memberi ruang yang lebih lebar kepada BMI atau organisasi BMI di Hong Kong untuk menyampaikan aspirasi dan mau mendengar perubahan apa yang dharapkan.

“Selama ini karena kami berada di luar negeri seoalah-olah kami tidak ada suaranya. Nah, mumpung sekarang pak Jokowi ada di sini seharusnya minimal kami ditanya tentang masalah-masalah yang sedang kita hadapi dan apa yang perlu diubah (untuk perbaikan. Red),” pungkasnya.
(LIN, 01/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki