Berita > Ekosospol
Kepala Kepolisian Arab Saudi Diminta Jamin Keamanan TKI
19 Apr 2017 01:41:07 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 5043
Ket: Kapalri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala kepolisian Arab Saudi
Foto: RMOL
Jakarta, LiputanBMI - Banyaknya kekerasan yang dialami Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi menjadi atensi Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Tito pun langsung menyampaikan hal itu kepada Kepala Kepolisian Arab Saudi Commisaris General Othman bin Naseer Al Mehrej yang secara khusus menemuinya, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/4).

"Sekaligus perlindungan dan pengamanan warga negara Indonesia (WNI). Termasuk, pengamanan jemaah haji, umrah dan TKI," kata Tito di depan Othman dan jajaran yang disertakannya dalam kunjungan tersebut, seperti dilansir RMOL, Selasa (18/4/2017).

Mendengar hal itu, Othman pun menanggapinya dengan positif. Menurut Othman, setiap WNI di Saudi menjadi perhatian Raja Salman dan putra mahkotanya. Mengingat, WNI dinilai memiliki akhlak yang baik.

"Mereka (WNI) ada di hati kami, yang mulia Raja Salman dan putra mahkotanya. WNI merupakan ekspatriat yang punya akhlak baik. Tidak ada kasus pidana yang menonjol. Kita perlu apresiasi. Sebagaimana, perlakuan orang Saudi di Indonesia. Kita apresiasi jamaah haji Indonesia yang datang, telah disiplin, teratur tertib. Itu perlu disyukuri," paparnya.

Seperti diketahui, pihak kepolisian Arab Saudi kembali menemui Tito guna menindaklanjut nota kesepahaman (MoU) Polri dengan kepolisian Arab, 28 Februari lalu.

Salah satu butir dalam MoU sebelumnya, Polri dan Kepolisian Arab Saudi berkomitmen memerangi kejahatan lintas negara (Combating Transnational Crimes). Termasuk, kesepakatan memerangi kejahatan narkoba dan terorisme, hingga meminimalisir dampak konflik di Timur Tengah. Khususnya, di Iraq dan Suriah.

Dal waktu dekat, kedua pihak akan merealisasikan MoU yang telah disepakati. Sehingga, dapat bermanfaat bagi kedua negara.

(JWD, 19/04)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki