Berita > Seputar TKI
Dokumen dan Biaya Visa Sudah Dikembalikan, 11 Pelaut Ucapkan Terima Kasih
03 Mar 2017 23:21:31 WIB | Syafii | dibaca 2131
Ket: 11 pelaut di kantor PPI
Foto: LBMIJKT
Nasional, LiputanBMI - Kasus 11 pelaut asal Tegal, Jawa Tengah yang sebelumnya mengadu ke Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) mengenai dokumen kepelautan yang tertahan sampai setahun dan pungutan sejumlah uang untuk biaya visa ke luar negeri, sudah mendapatkan kejelasan dan penyelesaian.

Mediasi digelar di kantor PT. MCM di kawasan Bekasi. KS selaku Koordinator ABK merasa bersyukur karena proses mediasi berjalan lancar dan menemukan titik penyelesaian.

“Hasil kesepakatannya pihak perusahaan sudah mengembalikan semua dokumen kepelautan milik kami dan mengembalikan biaya visa yang sebelumnya kami bayar sebesar Rp 47.650.000 untuk 11 ABK, dan terima kasih kepada PPI yang sudah membantu kami,” ujarnya, Jumat (3/2/2017).

Ketua Pelaut Luar Negeri PPI, Keprin Silalahi menyatakan mediasi tersebut dilakukan secara bipartit sesuai ketentuan Permenaker tentang Pedoman Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

“Hasil kesepakatannya semua dokumen sudah dikembalikan. Biaya visa yang sebelumnya dibayar para ABK pun sudah dikembalikan, tinggal masalah biaya penggantian tes kesehatan yang pada saat itu dibayar oleh para ABK masih dalam tahap pertimbangan dan perusahaan meminta waktu sesuai berita acara kesepakatan yang dibuat,” paparnya melalui seluler.

PPI akan terus mengawal kasus ini hingga selesai dan para ABK mendapatkan hak-haknya, termasuk biaya penggantian tes kesehatan yang masih menjadi pertimbangan perusahaan, yang dikalkulasikan sebesar Rp 34 juta menurut rincian yang ditulis para ABK tersebut.

(IS, 03/03)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki