Berita > Seputar TKI
PPTKPKK Keluarkan Surat Edaran Tentang Penipuan Kepada Calon TKI/TKI
09 Feb 2017 05:47:45 WIB | Linda Puspita | dibaca 3321
Ket: Surat Edaran Tentang Penipuan Kepada Calon TKI/TKI
Foto: LBMI

Hong Kong, LiputanBMI - Menindaklanjuti maraknya kasus penipuan baru, yaitu penipuan yang mengatasnamakan Kementerian Ketenagakerjaan RI kepada calon TKI/TKI dengan modus mendapatkan doorprize berupa uang ratusan juta melalui telepon atau pun mendatangi langsung, Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPTKPKK) mengeluarkan Surat Edaran No. B.347/PPTKPKK/1/2017 tentang Penipuan Kepada Calon TKI/TKI pada 30 Januari 2017.

Dalam Surat Edaran tersebut ditegaskan bahwa, Kementerian Ketenagakerjaan tidak pernah menyelenggarakan undian dalam bentuk apapun kepada calon TKI atau TKI di luar negeri. Penipuan berkedok doorprize mengatasnamakan Kementerian Ketenagakerjaan RI adalah tidak benar, dan meminta agar perwakilan RI di negara penempatan dan direktur utama/penanggung jawab PPTKIS untuk menginformasikan kepada seluruh calon TKI/TKI agar tidak mudah percaya dengan siapapun, khususnya yang berimbalan dengan material.

Adanya kasus penipuan ini dibenarkan oleh sejumlah TKI lewat komentarnya di Fans Page Resmi KJRI Hong Kong.

"Saya baru hari ini, tanggal 3 Februari 2017, 20 menit yang lalu saya di telepon mengatasnamakan Bapak Menteri ketenagakerjaan Indonesia, Pak. Saya masih menyimpan screen shot nomer penelepon serta SMS. Katanya saya terpilih mejadi TKI terbaik, mendapat 100 juta. Namun dia telepon selama 2 menit terputus-putus, tapi tetap menghubungi saya banyak kali," tulis akun You Rana Vircia Lavilina (3/2/17).

Hal yang sama juga dialami pemilik akun Khadeejah Al Azzam, "Jadi ingat pernah dapat telepon, katanya dari BNP2TKI yang diminta langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan yang menangani langsung atas mandat Presiden Jokowi, bla bla blaaa. Tapi karena tahu itu penipuan, didengerin saja sambil ketawa."


(LIN, 09/02)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki