Berita > Olahraga
Pembukaan Turnamen Sepakbola Piala Dubes 2017 di Riyadh Berlangsung Meriah
21 Jan 2017 20:04:50 WIB | Abu Rayyan | dibaca 3250
Ket: Prosesi Penyerahan Piala dari Duta Besar RI kepada ketua PSSTKI
Foto: LBMI

Riyadh, LiputanBMI - PSSTKI Riyadh kembali menggelar turnamen sepakbola memperebutkan Piala Duta Besar RI 2017 yang diikuti 20 klub sepakbola yang tersebar di kota Riyadh.

Upacara pembukaan turnamen dilaksanakan hari Jumat (20/01/2017), di lapangan International Football Academy (IFA) di distrik Al Hada Riyadh yang dihadiri seluruh klub peserta kompetisi, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi beserta rombongan staf, ormas, komunitas dan elemen masyarakat lain di kota Riyadh.

Pembukaan turnamen ini dilakukan oleh Prof. Dr. H. Agus Maftuh Abegebriel selaku Duta Besar RI LB & BP untuk Kerajaan Arab Saudi merangkap Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dengan ditandai penyerahan piala bergilir secara simbolik kepada ketua PSSTKI Riyadh Cipto Sucipto.

Sementara Dubes Agus Maftuh dalam sambutannya yang sekaligus membuka turnamen ini menyatakan kebanggaannya kepada ekspatriat di kota Riyadh yang mampu menyelenggarakan turnamen ini.

Upaca pembukaan turnamen berlangsung meriah, terlihat dari antusiasme para peserta yang datang sebelum acara dimulai pukul 07:00. Selain acara resmi ada pula beberapa perlombaan seperti defile klub yang akan menobatkan best klub performance, juggling & freestyle contest, tendangan bebas terbaik serta yang paling seru pemilihan Mr. Fotball PSSTKI 2017.

Ketua Panitia Turnamen, Andi Naim mengatakan, bahwa pertandingan turnamen sepak bola itu sendiri baru akan dimulai Jum’at depan (27/01/2017) bertempat di lapangan Al Khaleej jalan syeikh Jabeer samping King Fahad International Stadium, Riyadh.

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Tidak heran sebagian buruh migran Indonesia di Arab Saudi mendirikan klub-klub sepak bola sebagai sarana mengisi kegiatan saat libur kerja. Disamping sarana mengisi kegiatan di hari libur juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahim sesama TKI.

Banyaknya klub-klub sepak bola yang didirikan oleh TKI itu mendorong berdirinya organisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Tenaga Kerja Indonesia (PSSTKI). PSSTKI merupakan organisasi yang menaungi atau mewadahi klub-klub sepaka bola milik TKI yang ada di kota Riyadh. Dengan adanya PSSTKI pola latihan bisa berjalan secara baik, teratur dan terjadwal.

Piala Duta Besar RI 2017 disponsori oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Sebagai sponsor utama, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., sebagai sponsor pendamping, Sami Al Khatiri Est. distributor Teh Botol Sosro di Arab Saudi sebagai sponsor pendukung serta beberapa sponsor partisan dan donatur dari para pengusaha toko, travel dan cargo Indonesia.


(TTG, 21/01)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki