Berita > Ekosospol
Kunjungi Kadin Yanbu, Tim Ekonomi KJRI Jeddah Perkenalkan Produk INKA
15 Dec 2016 23:08:49 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 2801
Ket: Tim Ekonomi KJRI Jeddah dan Ketua KADIN Yanbu
Foto: KJRI Jeddah

Jeddah, LiputanBMI - Tim Ekonomi KJRI Jeddah yang dipimpin langsung Konjen RI Jeddah M. Hery Saripudin memperkenalkan produk-produk PT Industri Kereta Api (Persero)kepada Yanbu Chamber of Commerce and Industry atau KADIN Yanbu dalam sebuah pertemuan bisnis yang berlangsung Rabu (14/12/2016). Kehadiran Konjen RI Jeddah bersama tim ditemui langsung oleh Kepala KADIN Yanbu, Murad Ali Bin Sagher Al Erwi.

Kepada Kepala KADIN Yanbu, Konjen RI Jeddah menyampaikan bahwa Indonesia melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Industri Kereta Api (Persero)atau PT INKA telah mampu memproduksi kereta api sebagai sarana transportasi massal, baik untuk penumpang maupun barang. Produk kereta api dan komponen dari perusahaan plat merah tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tapi juga mengekspornya ke mancanegara, antara lain ke Bangladesh dan Filipina.

“Kami tidak hanya memiliki kapasitas membangun kereta api, tapi juga menyediakan jasa maintenance kereta api,” kata Konjen, sebagaimana release KJRI Jeddah kepada LiputanBMI.com Kamis, (15/12/2016)

Konjen Hery juga menyerahkan bahan-bahan informasi kepada Murad Ali Bin Sagher terkait industri kereta api Indonesia meliputi profil perusahaan PT Industri Kereta Api (Persero), industri komponen kereta api (KA) dan lain-lain dalam bentuk CD, katalog dan brosur.

Secara rinci telah disampaikan pula dalam pertemuan tersebut oleh Staf Teknis Perhubungan tentang keterbukaan peluang kerjasama di bidang Perkeretaapian, termasuk peluang untuk transfer of knowhow bagi SDM Perkeretaapian, melalui Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, Jawa Timur.

Nahdudin menambahkan Yanbu merupakan kota industri berbasis minyak dan bumi. Seiring dengan proyek pembangunan kereta api secara besar-besaran, baik sebagai transportasi massal maupun barang di Arab Saudi, produk komponen KA dan jasa perawatan kereta perlu kita promosikan.

Mananggapi hal tersebut, Kepala KADIN Yanbu berjanji akan segera melakukan pertemuan dengan Saudi Railways Organization yang merupakan BMUN Arab Saudi yang mengurusi bidang perkeretaapian untuk menyampaikan hasil pertemuanya dengan Tim Ekonomi dari KJRI Jeddah.

“Agenda pertemuan yang digelar oleh Tim Ekonomi KJRI Jeddah bersama sejumlah instansi terkait di Arab Saudi adalah untuk mempromosikan berbagai produk asal Indonesia. Dan ini salah satu upaya kita meningkatkan hubungan bilateral di bidang perdagangan dan investasi,” ujar Bachtiar Saleh, Pelaksana Fungsi Ekonomi I yang turut mendampingi Konjen RI Jeddah dalam pertemuan tersebut.

Bahkan menurut Kepala ITPC KJRI Jeddah, Gunawan, hampir di setiap pertemuan dengan mitra bisnis Arab Saudi, Tim juga menyisipkan informasi seputar profil sektor pariwisata Indonesia dan prospek investasi di bidang industri pariwisata yang dari tahun ke tahun menunjukkan trend spositif.

(JWD, 15/12)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh