Berita > Info Penting
Untuk Perlindungan Diri, GWO Sarankan Pekerja Migran Merekam Aktivitas Kerjanya
12 Sep 2016 15:44:51 WIB | Yully Agyl | dibaca 6016
Ket:
Foto:

Jakarta, LiputanBMI - Jakarta, Global Workers Organisations (GWO) Taipei, meminta pekerja migran untuk mendokumentasikan aktivitas kerja mereka dengan ponsel sebagai strategi untuk perlindungan diri.

Karen Hsu (徐瑞希), kepala GWO Taiwan, mengadakan pertemuan di Jakarta Indonesia, Sabtu (10/9). Perwakilan organisasi pekerja migran Indonesia yang menghadiri acara tersebut berbicara tentang situasi TKI saat ini di Taiwan dan masalah yang mereka hadapi.

GWO telah mendorong para pekerja migran untuk merekam aktivitas mereka sendiri dengan video-kamera atau ponsel. Bila diperlukan, video rekaman tersebut dapat menjadi bukti dan jadi perlindungan diri, kata Hsu. Demikian dilansir dari Focus Taiwan.

Dia menyebutkan kasus terbaru dari pengasuh Indonesia yang telah diserang secara seksual oleh majikannya. Tindakan korban yang diam-diam merekam penyerangan itu, membantu mengungkap dugaan kejahatan, sehingga mempermudah polisi setempat untuk melakukan penyelidikan dan memberikan perlindungan kepada mereka.

Setelah acara pertemuan, GWO menggelar pameran foto dan video yang menampilkan kehidupan masyarakat Indonesia di Taiwan.

Ada hampir 800.000 imigran dan pekerja migran dari negara-negara Asia Tenggara di Taiwan, termasuk 170.000 pekerja Indonesia sebagai pengasuh.

Para caretaker yang mengurus orang tua dan orang-orang cacat secara fisik atau mental, merupakan sebuah kontribusi yang besar kepada masyarakat Taiwan.
(YLA, 12/09)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki