Berita > Seputar TKI
Kongres Pertama BMI-SA Unique, Bisa Menjadi Barometer Bagi LSM Lain
02 May 2016 23:32:07 WIB | Abdul Hadi | dibaca 1704
Ket: Kondisi Kongres di Cabang
Foto: Ganjar Hidayat

Bandung, LiputanBMI - Dalam mengemban amanah konstitusi, Buruh Migran Indonesia Saudi Arabia (BMI-SA) mengadakan kongres pertama yang pelaksanaannya dilakukan di dua negara, yaitu Arab Saudi dan Indonesia. Kongres dilaksanakan dari tanggal 1-3 Mei 2016.

“Konges pertama ini sangat unique, karena dilakukan pertama kali dan dilakukan di dua Negara secara bersamaan, dan dimulai tidak sebagaimana layaknya organisasi umum yang dimulai acara biasanya dari pukul 07.00 pagi, kami melakukan kongres ini dimulai dari pukul 00.20 waktu KSA dan diskorsing pukul 05.30 karena harus persiapan mengantar anak majikan ke sekolah, dan dilanjut kembali pukul 23.00 setelah pekerjaan di majikan selesai,” ujar Ketua Umum BMI-SA Ganjar Hidayat kepada LiputanBMI, Senin (2/5).

Lanjut kata Ganjar, Hal demikian dilakukan karena ingin saling menghargai, menjalankan hak dan kewajiban, sehingga semua bisa bersinergi dan berjalan lancar.

Ketika dikonfirmasi tentang pelaksanaan kongres pertama ini oleh Tim LiputanBMI, Karyadi selaku Ketua Panitia Pelaksana Kongres pertama BMI-SA menerangkan, Kongres ini diikuti dan diwakili oleh para pengurus dari 8 Cabang perwakilan Arab Saudi dan Indonesia.

"Untuk komunikasi dengan cabang-cabang yang ada di Indonesia (Bandung, Cianjur dan Sukabumi) kami lakukan melalui video conference, Total keseluruhan ada 140 suara pemilih. Dalam sidang komisi, kami bagi tiga komisi. Komisi yang membahas tentang Tata tertib kongres dan pembahasan ad/art oleh para perwakilan yang ada di Arab Saudi, dan Komisi terakhir yang membahas Program Kerja Nasional dibahas Cabang-cabang yang ada di Indonesia,” paparnya.

"Terus terang, kami sempat khawatir dengan keamanan otoritas Arab Saudi untuk melaksanakan kongres ini, karena sangat beresiko, tapi Alhamdulillah sampai berjalan di hari kedua ini berjalan aman dan lancar.” Pungkasnya diakhir pembicaraan.

Memang, diakui atau tidak, kongres semacam yang dilakukan LSM ini (BMI-SA) boleh dibilang mungkin yang pertama kali yang belum pernah dilakukan oleh LSM-LSM lain, sehingga Tata cara dan tata kelolanya bisa menjadi barometer bagi yang lainnya. (ABDHD)
(HDI, 02/05)

Universitas Terbuka Riyadh
-