Berita > Komunitas
SBMI Dirikan Koperasi Untuk Sejahterakan Anggota
29 Jun 2018 01:37:33 WIB | Juwarih | dibaca 598
Ket: Pengurus terpilih "Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia"
Foto: SBMI
Jakarta, LiputanBMI - Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) membentuk sebuah badan usaha milik organisasi (BUMO) yang bersifat independen berupa Koperasi yang bergerak di sektor usaha riil. Pembentukan koperasi tersebut diharapkan dapat mensejahterakan para pengurus dan anggota SBMI.

Koperasi yang diberi nama "Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia" dihadiri 26 pengurus utusan SBMI se-Indonesia, terdiri dari 21 orang utusan DPC, 3 orang DPW, 1 orang DPN dan 1 orang perwakilan dari Dewan Pertimbangan, di hotel Swiiss-Belresidences Jl. Raya Kalibata No. 22 , Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Selasa 26 Juni 2018.

"Pembentukan koperasi ini atas mandat AD/ART hasil Kongres V SBMI di Wonosobo pada 23 Februari 2015 dan Rakernas SBMI di Jakarta pada tahun 2016," kata Ketua Umum SBMI, Hariyanto kepada LiputanBMI, Kamis (28/6/2018).

Menurutnya, tujuan pembentukan koperasi tersebut selain untuk mensejahterakan anggotannya, untuk keberlangsungan dan kemandirian organisasi dalam memperjuangkan keadilan bagi pekerja migran Indonesia dan keluarganya.

"Semoga dengan dibentuknya Koperasi ini, eksistensi SBMI dalam menegakkan keadilan untuk PMI dan keluarganya ke depan semakin mandiri," harap Ketua Umum SBMI.

Lanjutnya, dalam pembentukan Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia, forum menghasilkan memilih dan menetapkan Dewan Pengawas, Dewan Penasehat dan Dewan Pengurus Koperasi.

Berikut ini nama-nama pengurus terpilih dalam struktur organisasi Koperasi Serikat Buruh Migran Indonesia diantaranya:

Dewan Pengawas Koordinator: Wawan Kuswanto
Anggota: Ridwan Wahyudi dan Maftuh Hafi
Dewan Penasehat: Dina Nuryati dan Hariyanto
Dewan Pengurus: Direktur Utama: Moch. Ernawan
Direktur Human Recouse Development/HRD: Anwar Ma'arif
Direktus Bussines: Sabarudin
Sekretaris: Putra Judin
Direktur Keuangan: Indah Utami
(JWR/IYD, 29/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki