Berita > Komunitas
Verifikasi Keanggotaan ke Kemnaker, PPI Sebut Sudah Memiliki 28 Cabang di Daerah
15 Mar 2018 23:05:07 WIB | Syafii | dibaca 1434
Ket: Pengurus PPI di Dit. KKHI Kemnaker
Foto: LBMIJKT/NRM
Nasional, LiputanBMI - Sebagai bentuk tertib adminitrasi keserikatpekerjaan sesuai ketentuan UU No. 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh serta aturan turunannya, Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) memberitahukan keberadaannya kepada Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Hubungan Industrial (Dit. KKHI).


Ditemui oleh Kepala Seksi Organisasi Pekerja Kemanker, Fritz Simon, PPI memberitahukan secara tertulis keberadaan PPI dan perangkat organisasi/kepengurusan cabangnya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.


"Kita (PPI) lakukan itu sesuai dengan Surat Edaran Ditjend PHI JSK Kemnaker No. B.432/PHI JSK/VIII/2012," ujar Ketua Dalam Negeri Dewan Pimpinan Pusat PPI, Nur Rohman kepada Liputan BMI di depan gedung Kemnaker, Kamis (15/03/18).


Selain pemberitahuan keberadaan, lanjut Rohman, dirinya juga memberikan data jumlah keanggotaan PPI sesuai dengan Permenaker No. 06 tahun 2005 tentang Pedoman Verifikasi Keangotaan SP/SB dari 28 cabang, yakni 14 cabang di tingkat provinsi dan 14 cabang di tingkat kabupaten/kota.


"Alhamdulillah sejak sah tercatat di Disnaker Jakarta Utara sesuai domisili sekretariat tanggal 18 Januari 2017 hingga detik ini (15/03/18), PPI sudah memiliki anggota resmi ber-KTA sebanyak 3.410 pelaut," ungkap Rohman.


Masih kata Rohman, PPI berharap kedepan kesadaran pelaut Indonesia semakin terbentuk dan tidak anti serikat. Meski berserikat bukanlah sebuah kewajiban karena itu adalah kebebasan, namun dengan berserikat pelaut akan lebih terakomodir melalui sebuah wadah perjuangan dalam menyampaikan aspirasinya.

"Pelan-pelan lah. Jumlah pelaut Indonesia ditaksir kurang lebih satu jutaan. Kita buktikan dengan pelayanan, semoga PPI semakin dipercaya oleh pelaut," tambahnya ketika ditanya kisaran jumlah pelaut Indonesia.


Berikut cabang-cabang PPI di tingkat provinsi meliputi Banten, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat.


Untuk di tingkat kabupaten/kota, PPI ada di Cirebon, Pekalongan, Banyumas, Pati, Purworejo, Surakarta, Semarang, Madiun, Kediri, Surabaya, Selat Bali, Kepulauan Meranti, Perawang, dan Tanjung Balai Karimun.

(IS/IS, 15/03)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki