Berita > Haji
Semangat Jemaah Haji Lansia Tak Terhalang Umur
29 Jul 2017 18:00:15 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 185
Ket: jemaah haji lansia
Foto: KUH
Madinah, LiputanBMI - Jemaah lanjut usia (lansia) menjadi prioritas Kementerian Agama RI pada musim haji tahun ini. Sekitar 53.000 jemaah lansia saat ini dipastikan akan berangkat ke tanah suci untuk menjalankan rukun Islam kelima.

Seperti kedatangan jemaah haji kloter pertama embarkasi Medan, 127 dari 389 jemaah adalah lansia. Salah satunya adalah Ibu Zahara Abdullah asal Kuala Simpang, Medan.

Mengutip kantorurusanhaji.com, ibu tujuh anak ini mengaku masih semangat dan kuat dalam menjalankan ibadah haji. Meski baru mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdu Aziz Madinah, perempuan kelahiran April 1942 itu tidak mengeluh kecapekan.

"Insya Allah masih kuat," jawab Ibu Zahara saat berbincang dengan Ketua PPIH, Ahmad Dumyathi di ruang tunggu terminal haji, Jumat (28/7).

Hal yang sama juga terlihat pada Ibu Djami Jamar, jemaah haji kloter dua. Wanita kelahiran Jakarta Barat, Juni 1952 ini terlihat semangat sesampainya di Bandara Madinah.

"Saya datang bersama tiga saudara," tuturnya sembari memperkenalkan saudara perempuan yang ada di sebelahnya.

Ibu Djami sempat mengungkapkan rahasia fisiknya yang masih sehat. Menurutnya, saat masih muda ia dan sang suami adalah petani sayuran.

"Saya mah orang kampung, dulunya suka macul (mencangkul) di kebun bareng suami. Kalau masalah cape mah sudah biasa," ungkapnya.
(IYD, 29/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki